Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengamanan Perbatasan Bukan Tanggung Jawab BNPP Sendiri

Kementerian Dalam Negeri menegaskan pengamanan daerah perbatasan menjadi kewenangan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama TNI. Kepulauan Riau dinilai sebagai titik utama yang harus mendapat perhatian pemerintah.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Dalam Negeri menegaskan pengamanan daerah perbatasan menjadi kewenangan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) bersama TNI.

Kepulauan Riau dinilai sebagai titik utama yang harus mendapat perhatian pemerintah. Mendgari Tjahjo Kumolo mengatakan, penyelundupan di wilayah perbatasan terjadi begitu marak, mulai dari rokok, narkoba sampai menyelundupan orang.

BNPP tidak boleh dibiarkan sendiri, kata Tjahjo, harus berkordinasi soal sarana dan prasarana di area tersebut. “Misal bea cukainya punya x-ray, lalu petugas imigrasinya diperbaiki begitu juga pelabuhan dan pengawasannya di sana harus lebih baik,” kata Tjahjo usai melangsungkan rapat kordinasi di BNPP, Kamis (30/6).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama para Menteri menggelar rapat terbatas (ratas) terkait aksi penyelundupan yang terjadi di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengingatkan tempat-tempat yang disinyalir rawan penyelundupan.

"‎Pada ratas kali ini saya akan fokus melakukan evaluasi terhadap tindak lanjut dari ratas-ratas sebelumnya yang terkait dengan upaya penanganan penyelundupan‎," ujar Jokowi di Kantor Presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper