Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bangladesh Resmikan 150 Unit Kereta Buatan INKA

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dhaka melaporkan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina telah meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit.
Proses Pengerjaan Kereta untuk Bangladesh Railway di Workshop PT INKA (Persero)./inka.co.id
Proses Pengerjaan Kereta untuk Bangladesh Railway di Workshop PT INKA (Persero)./inka.co.id
Bisnis.com, JAKARTA—Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Dhaka melaporkan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina telah meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit.
 
Hingga saat ini, sudah 37 unit gerbong telah dikirim ke Bangladesh dan sisanya akan dikirim secara bertahap hingga akhir September 2016. Peresmian yang dilakukan di Stasiun Kereta Api Kamalapur tersebut dihadiri oleh menteri perkeretaapian Bangladesh, beberapa anggota Parlemen, serta pejabat pemerintah terkait lainnya.
 
Melalui keterangan tertulis di laman Kementerian Luar Negeri, Senin (27/6/2016), disebutkan peluncuran itu dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Bangladesh Iwan Wiranataatmadja, Direktur Utama PT INKA Agus H. Purnomo, Direktur Komersial dan Teknologi PT INKA Yunendar Aryo Handoko, Asisten Deputi Kementerian BUMN Wien Irwanto, Manager Hubungan Internasional Bank Exim Indonesia Ilham Mustafa, dan Kepala BUMN Bank Exim Indonesia Nilla Meiditha serta pejabat KBRI Dhaka.
 
Iwan mengatakan peresmian penggunaan gerbong kereta PT INKA tersebut penting bagi Bangladesh mengingat kebutuhan transportasi yang layak dan nyaman bagi masyarakat Bangladesh sudah sangat mendesak.
 
Pemerintah Bangladesh, lanjutnya, saat ini terus berupaya membangun dan membenahi infrastruktur Bangladesh termasuk transportasi kereta api. Kebutuhan akan gerbong kereta api dan produk pendukung perkeretaapian Bangladesh lainnya masih akan terus berlanjut di masa-masa mendatang.
 
Hal ini, kata Iwan, merupakan peluang yang sangat baik bagi Indonesia untuk menghadirkan kemampuan teknologi serta keunggulan industri perkeretaapian Indonesia di Bangladesh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper