Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mayoritas Fraksi DPR Dukung BG Jadi Kapolri

Mayoritas fraksi di DPR tetap konsisten mendukung Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri jika Presiden Joko Widodo mengajukan nama Wakapolri tersebut.
Komjen Pol Budi Gunawan/JIBI
Komjen Pol Budi Gunawan/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Mayoritas fraksi di DPR tetap konsisten mendukung Komjen (Pol) Budi Gunawan (BG) sebagai calon Kapolri jika Presiden Joko Widodo mengajukan nama Wakapolri tersebut.

Anggota Komisi III DPR dari FPKB, Jazilul Fawaid menegaskan, jika Presiden Jokowi mengajukan nama Komjen (Pol) Budi Gunawan, maka FPKB akan mendukung langkah tersebut untuk menggantikan Jenderal Badrodin Haiti. Apalagi, BG sudah pernah menjalani uji kepatutan dan kelayakan dan semua fraksi dalam sidang paripurna ketika itu mendukungnya.

Sebagai catatan, Badrodin akan memasuki masa pensiun pada Juli 2016.

Menurut Jazilul, Komjen BG secara hukum sudah clear and clean (jelas dan bersih) dari berbagai kasus hukum yang dituduhkan kepadanya setahun lalu melalui praperadilan.

“Jadi, kalau Presiden Jokowi mengajukan Komjen (Pol) Budi Gunawan maka FPKB DPR akan mendukung. Kalau masih ada yang mengaitkan kasus hukum sebelumnya, putusan praperadilan bisa dijadikan dasar pertimbangan,” ujarnya. Dengan adanya keputusan praperadilan itu, seharusnya sudah tidak ada lagi keraguan untuk Komjen BG, tegas Jazilul, Rabu (8/6/2016).

Delapan fraksi yakni FPDIP, Golkar, Gerindra, PKS, PKB, NasDem serta Fraksi Hanura dan PPP Januari tahun lalu sudah menyetui keputusan tersebut. Hanya Fraksi Partai Demokrat dan F-PAN yang meminta DPR menunda persetujuan tersebut, karena tersandung kasus hukum.

"Tapi, setelah putusan praperadilan itu, saya kira semua fraksi di DPR RI akan mendukung Komjen BG sebagai Kapolri,” ujarnya.

Anggota Komisi III DPR, Marsiaman Saragih mengingatkan bahwa kalau melihat kinerja Budi Gunawan sebagai Wakil Kapolri, tidak ada hal-hal yang aneh, yang dianggap menjadi ganjalan. Begitu juga selama berduet dengan Badrodin Haiti, tidak ada hal yang mengganggu hubungan antara Wakil Kapolri dengan Kapolri.

“Duet Badrodin Haiti-Budi Gunawan selama ini bagus-bagus saja, tidak ada masalah,” ujarnya. Karena itu Marsiaman lebih setuju jika calon Kapolri ini dikembalikan kepada sikap fraksi di Komisi III DPR sebelumnya.

Sedangkan Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Ruhut Sitompul mengatakan, fraksinya siap mendukung siapa saja calon yang diajukan Presiden untuk menjadi Kapolri.

"Presiden akan mengirim satu nama dan kami siap mendukung, karena itu hak prerogatif beliau. Kita tunggu saja siapa yang dikirim oleh Presiden," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper