Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Skandal 1MDB Malaysia: Otoritas Singapura Perintahkan Penutupan Bank BSI

Bank sentral Singapura memerintahakan untuk menutup operasi bank BSI di negara tersebut seiring dibukanya proses pidana atas bank tersebut oleh Swiss atas keterlibatannya dalam transaksi 1MDB Malaysia.
Seorang pejalan kali melintas di depan bilboard 1 Malaysia Development Berhad (1MDB) di  Kuala Lumpur (1/3/2015)./ReutersOlivia Harris
Seorang pejalan kali melintas di depan bilboard 1 Malaysia Development Berhad (1MDB) di Kuala Lumpur (1/3/2015)./ReutersOlivia Harris

Bisnis.con,SINGAPURA— Bank sentral Singapura memerintahakan untuk menutup operasi bank BSI di negara tersebut seiring dengan dibukanya proses pidana atas bank tersebut oleh Swiss  atas keterlibatannya dalam transaksi 1MDB Malaysia.

Otoritas Moneter Singapura mengatakan pihaknya telah menarik izin operasi Bank BSI yang berbasis di Swiss sebagai bank penyalur modal dan mengarahkan pihak BSI untuk menutup operasinya terkait pelanggaran serius pencucian uang dan penyimpangan lainnya.

Dalam sebuah pernyataan MAS pihaknya telah menyerahkan nama enam anggota dan mantan anggota Management Senior serta staf BSI kepada jaksa penuntut umum untuk dievaluasi apakah mereka telah melakukan tindakan kriminal.

 “Ini adalah yang pertamakalinya MAS mencabut persetujuan untuk bank penyalur modal sejak 1984 ketika Jardine Fleming (Singapore) Pte Ltd ditutup akibat penyimpangan serius,” ujar MAS seperti dikutip dari Reuters, Selasa (24/5/2016).

Investigasi yang dilakukan di Swiss dan Singapura atas 1Malaysia Development Berhad (1MDB) fokus pada dugaan penipuan dalam transasksi finansial yang digunakan untuk menyalurkan uang kepada pihak-pihak yang terlibat secara politik serta dugaan pencucian uang.

Penyelidikan 1MDB telah membuat sejumlah mata tertuju kepada Singapura yang saat ini sedang berusaha memperbaiki citranya dengan isu antipencucian uang.

 “Kasus BSI adalah yang terburuk dalam hal kontrol atas penyimpangan dan pelanggaran yang pernah menimpa sektor keuangan Singapura,” kata Ravi Menon, Managing Director MAS seperti dikutip dari Reuters, Selasa (24/5/2016).

Dalam sebuah pernyataan, BSI Menyatakan CEO-nya Stefano Coduri akan mundur dari jabatannya. MAS juga menyatakan pihaknya sudah mengambil langkah-langkah guna memperkuat manajemen termasuk memperkenalkan kepala Bagian Risiko yang baru dan menunjuk penasihat hukum baru.

Otoritas Swiss pada Februari menyatakan investigasi kriminal atas kasus 1MDB telah mengungkap adanya penyalahgunaan dana sebesar US$4 miliar oleh Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper