Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Bagi Fotografer Pemula Yang Ingin Go Internasional

Fotografer internasional asal Tanah Air Ebbie Vebri Adrian memberikan beragam masukan kepada fotografer pemula yang ingin menciptakan karya foto berkelas internasional.
Ilustrasi fotografer/Antara
Ilustrasi fotografer/Antara

Bisnis.com, PEKANBARU – Fotografer internasional asal Tanah Air Ebbie Vebri Adrian memberikan beragam masukan kepada fotografer pemula yang ingin menciptakan karya foto berkelas internasional.

Beragam saran dan masukan dari fotografer yang sudah meluncurkan kumpulan karya foto dalam buku berjudul: Indonesia 'The World Treasure' ini disampaikannya dalam workshop fotografi bertema Go International yang berlangsung di Karim Auditorium lantai IV kantor diler motor Honda PT Capella Dinamik Nusantara Pekanbaru.

Ebbie mengatakan seorang fotografer harus memiliki dasar fotografi yang kuat, tidak hanya sekadar memotret untuk senang-senang atau sekadar hobi saja.

“Dengan memiliki dasar fotografi yang kuat, karya yang dihasilkan nantinya akan menjadi berkualitas seiring berjalannya waktu, dan yang perlu diingat jangan mengandalkan editing digital, karena karya foto yang baik dan bagus itu sangat minim sentuhan editing,” katanya ketika di Pekanbaru, Kamis (12/5/2016).

Fotografer kelas internasional kata dia juga memiliki kekuatan sendiri seperti misalnya kuat di foto budaya atau alam. Untuk menangkap momen ini, perlu waktu yang tidak sebentar dan ketekunan ekstra, apalagi yang berkaitan dengan alam karena membutuhkan dukungan cuaca yang baik.

Dengan ketekunan dan kedisiplinan, seorang fotografer pemula bisa perlahan terus meningkat dan menghasilkan karya terbaiknya, dan itu tidak bisa dicapai dalam satu dua bulan.

Setelah itu fotografer tersebut juga diharapkan mampu hijrah ke Jakarta agar dapat semakin dikenal dan memiliki peluang memamerkan karyanya kepada publik dan khalayak lebih luas secara langsung atau lewat pameran tunggal.

“Karena kalau masih di Medan, Pekanbaru, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, itu masih akan disebut sebagai fotografer daerah, tetapi kalau sudah di Jakarta akan lebih mudah dikenal dan disebut sebagai fotografer nasional. Dari sini langkah menuju fotografer internasional menjadi semakin dekat,” katanya.

Langkah selanjutnya kata dia menyiapkan karya terbaik untuk kemudian di bawa ke level yang setingkat lebih tinggi seperti pameran di tingkat regional, dan bila sudah diakui barulah mulai menyiapkan pameran di negara seperti Eropa, Amerika, bahkan benua lainnya.

Sementara itu Regional Head diler motor Honda Riau PT Capella Dinamik Nusantara Sie Ceng mengatakan pihaknya telah mendukung pengembangan minat fotografi di daerah itu, salah satunya lewat kontes fotografi serta lomba.

“Ini menjadi kegiatan perdana bagi kami mendukung penuh sebuah wokshop fotografi, dan antusias masyarakat sangat tinggi, terlihat dari jumlah peserta yang sangat ramai lebih dari 250 orang,” katanya.

Ke depan pihaknya akan terus meningkatkan kegiatan tersebut yang diharapkan mampu menciptakan profesional baru di bidang fotografi dan menghasilkan karya terbaiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper