Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Firma Hukum Panama Papers Minta Maaf ke Bank China

Firma hukum Mossack Fonseca, yang menjadi sumber bocornya dokumen-dokumen yang disebut Panama Papers, telah menulis permintaan maaf kepada perbankan China.
Papan nama Mossack Fonseca di Arango Orillac Building, Panama (3/4/2016)./Reuters-Carlos Jaso
Papan nama Mossack Fonseca di Arango Orillac Building, Panama (3/4/2016)./Reuters-Carlos Jaso

Kabakr24.com, HONG KONG - Firma hukum Mossack Fonseca, yang menjadi sumber bocornya dokumen-dokumen yang disebut "Panama Papers", telah menulis permintaan maaf kepada perbankan China klien mereka dalam upaya menopang bisnisnya di Asia menyusul kebocoran data keuangan besar-besaran bulan lalu menurut salinan surat yang dilihat kantor berita Reuters.

Surat itu ditulis oleh Mossack Fonseca menanggapi permintaan dari bank China tentang pemenuhan standar keuangan global.

Tidak diketahui apakah ada komunikasi yang sama dengan lembaga keuangan lainnya, tapi surat itu menunjukkan setidaknya satu klien bank di pasar terbesar perusahaan khawatir dengan masalah yang diangkat dalam publisitas seputar kebocoran.

Dalam surat tidak bertanggal kepada pemberi pinjaman level menengah Shanghai yang ditandatangani direktur umum regional Mossack fonseca, tertulis bahwa mereka "sangat menyesal" atas penyalahgunaan layanannya atau perusahaan-perusahaan bentukannya.

"Jika kebocoran ilegal yang tidak sah dari server perusahaan Mossack Fonseca telah menciptakan ketidaknyamanan bagi (bank) dan klien Anda, kami sekali lagi meminta maaf," tulisnya.

Seorang juru bicara Mossack Fonseca menyatakan pelaporan kebocoran telah "memperdalam kebingungan" tentang sifat bisnis perusahaan.

"Karena itu, kami secara rutin berbicara dengan klien kami dan pihak terkait lain yang memiliki pertanyaan untuk menjelaskan bahwa ... tidak ada dalam dokumen rahasia yang diperoleh secara ilegal itu yang menunjukkan kami melakukan hal yang salah atau ilegal," tulis juru bicara dalam sebuah pernyataan surel.

Sumber yang memberikan surat itu meminta agar bank milik negara itu tidak disebutkan namanya untuk melindungi identitas mereka karena sensitivitas mengenai masalah itu di China. Seorang mantan karyawan Mossack Fonseca di China mengatakan bank itu adalah klien utama.

Mossack Fonseca juga telah mengganti beberapa staf kunci dalam perombakan operasinya di China menurut orang yang familier dengan masalah itu dan mantan karyawan perusahaan.

Kebocoran dari Panama Papers telah membuat malu beberapa politisi terkemuka di seluruh dunia dengan catatan harta dalam dunia bayangan offshore--istilah yang digunakan untuk bank, perusahaan, investasi dan simpanan di luar negeri-- dan kekayaan tersembunyi.

Kerabat dan rekan bisnis dari delapan tokoh senior Partai Komunis China, termasuk saudara ipar Presiden Xi Jinping, disebut sebagai penerima manfaat dari perusahaan offshore induk di dokumen yang bocor.

Namun tidak ada satu pun yang menyampaikan komentar dan masih tidak jelas apakah ada yang merupakan klien dari bank Shanghai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper