Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LINDUNGI PETANI: KPA Antisipasi Kriminalisasi, Dana Darurat Disediakan

Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) melakukan antisipasi kriminalisasi petani dan aktivis agraria dengan menyediakan dana darurat serta memperkuat gerakan akar rumput
./.
./.
Kabar24.com, JAKARTA- Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) melakukan antisipasi kriminalisasi petani dan aktivis agraria dengan menyediakan dana darurat serta memperkuat gerakan akar rumput.
 
Adhi Wibowo, Koordinator Departemen Kampaye dan Riset KPA, mengatakan selama 2012-2014 terdapat sedikitnya 263 petani, pimpinan serikat tani dan aktivis yang menjadi korban kriminalisasi. Salah satu persoalan, sambungnya, adalah pendekatan hukum yang tak melihat persoalan agraria.
 
"Jarang sekali kasus agraria tersebut dilihat sebagai akibat dari carut-marutnya kondisi agraria. Akhirnya, proses peradilan tidak pernah menyentuh persoalan sampai ke akar-akar masalah," kata Adhi dalam keterangan yang dikutip Kabar24.com, Sabtu (7/5/2016).
 
Dia menuturkan dalam proses penyelesaiannya, konflik seringkali menyebabkan warga menjadi korban kriminaliasi dan sistem peradilan yang bermasalah. Oleh karena itu, sambungnya, KPA terus berkomitmen mendorong upaya warga dengan menyediakan dana  dan advokasi bagi korban kriminalisasi.
 
Tak hanya itu, Adhi menegaskan, pihaknya juga akan memperkuat gerakan akar rumput. Dia mengharapkan tak akan ada lagi kriminalisasi petani di masa mendatang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper