Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungi Eropa, Jokowi Ingin Tarik Investasi Jerman, Inggris, dan Belanda

Selain melakoni acara kenegaraan, Presiden Joko Widodo akan menghadiri sejumlah forum bisnis dalam kunjungan ke Benua Eropa sepanjang pekan depan.
Presiden Joko Widodo/Reuters-Yuri Gripas
Presiden Joko Widodo/Reuters-Yuri Gripas

Bisnis.com, JAKARTA - Selain melakoni acara kenegaraan, Presiden Joko Widodo akan menghadiri sejumlah forum bisnis dalam kunjungan ke Benua Eropa sepanjang pekan depan.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani menyampaikan forum tersebut antara lain adalah pemaparan update kebijakan-kebijakan terkait dengan renewable energy, maritim, dan beberapa sektor penting yang lain.

“Kunjungan ini menjadi sangat penting mengingat kalau dilihat dalam peta outward investment dunia, Jerman menduduki peringkat nomor 3 selama 6 tahun terakhir. Artinya Jerman merupakan negara yang aktif melakukan investasi keluar dengan nilai hampir US$303 miliar. Sementara posisi Indonesia masih belum masuk dalam 20 besar,” tambah Franky.

Lebih lanjut, Franky menjelaskan untuk kunjungan ke Inggris, karena Negara Tiga Singa itu merupakan negara keempat yang outward investment-nya besar dalam dalam 6 tahun terakhir.

“Belanda merupakan negara ranking 17 yang aktif melakukan outward investment dengan nilai mendekati hampir mendekati US$100 miliar billion,” kata Franky.

Kepala BKPM juga menjelaskan bahwa ketiga negara ini ditambah Belgia menjadi penting untuk memberikan gambaran kepada para investor dari 4 negara ini bahwa Indonesia banyak melakukan perubahan.

“Untuk Belgia, merupakan tindak lanjut dari kunjungan Putri Astrid yang lalu, bertemu lebih kurang sekitar 20 pengusaha yang menunjukkan minatnya untuk investasi di Indonesia,” pungkas Franky.

Franky juga menyebutkan ada beberapa proposal yang nanti akan dibahas pada pertemuan di Brussel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper