Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONFLIK SURIAH: 500 Pemberontak Seberangi Turki ke Aleppo

Sedikitnya 500 pemberontak pada Rabu menyeberangi perbatasan Turki menuju kota Suriah, Azaz di utara Provinsi Aleppo, menurut pemantau, lokasi pasukan oposisi mengalami kekalahan di tangan pasukan Kurdi.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 18 Februari 2016  |  20:11 WIB
Serangan bom Sayyidah Zaynab, Suriah - Reuters
Serangan bom Sayyidah Zaynab, Suriah - Reuters

Bisnis.com, BEIRUT -  Sedikitnya 500 pemberontak pada Rabu (17/2/2016) menyeberangi perbatasan Turki menuju kota Suriah, Azaz di utara Provinsi Aleppo, menurut pemantau, lokasi pasukan oposisi mengalami kekalahan di tangan pasukan Kurdi.

"Sedikitnya 500 petempur pemberontak telah menyeberangi perbatasan Bab al-Salam menuju kota Azaz, tempat mereka ingin membantu pemberontak dalam menghadapi kemenangan yang diperoleh pasukan Kurdi di utara provinsi itu," kata kepala Pemantau Suriah untuk Hak Asasi Manusia Rami Abdel kepada AFP.

Mereka adalah petempur pemberontak serta petempur IS, yang bersenjata, ujarnya.

Ini adalah kedua kalinya dalam beberapa hari sejumlah besar petempur pemberontak menyeberangi perbatasan, setelah hampir 350 orang menyeberang lewat perbatasan Atme pada 14 Februari dengan bersenjatakan senjata berat dan canggih.

Pasukan oposisi telah kehilangan wilayah yang diambil alih pasukan pemerintah di utara provinsi Aleppo sejak mereka mulai sebuah serangan besar yang didukung serangan udara Rusia.

Pasukan Kurdi telah mengambil alih wilayah yang terfragmentasi, terutama kota Tal Rifaat, karena mereka berusaha untuk menciptakan negara otonom sendiri.

Para pemberontak sekarang hanya menguasai kota Azaz, tidak jauh dari perbatasan Kurdi, dan ke selatan Marea, tempat yang saat ini hampir dikepung oleh pasukan Kurdi ke barat dan petempur IS ke arah timur.

Khawatir dengan kemenangan Kurdi yang dekat dengan perbatasannya, Turki, yang mendukung kelompok yang menentang Presiden Suriah Bashar Al-Assad, terus menembaki posisi mereka di Suriah hingga hari kelima.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konflik suriah krisis suriah

Sumber : ANTARA/AFP

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top