JAKARTA TEMPO DOELOE: Asal Usul Nama Pondok Kelapa Jakarta Timur

Pondok Kelapa adalah satu kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 15 Februari 2016  |  18:53 WIB
JAKARTA TEMPO DOELOE: Asal Usul Nama Pondok Kelapa Jakarta Timur
TPU Pondok Kelapa di Jakarta Timur - wikimapia

Bisnis.com, JAKARTA - Pondok Kelapa adalah satu kawasan yang merupakan kelurahan di Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Wilayahnya berbatasan dengan Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit, dan Kelurahan Malaka Jaya di sebelah utara, Kelurahan Duren Sawit di barat, Kelurahan Bintara Jaya Bekasi di timur, dan Kalimalang di selatan.

Mengenai asal usul dinamai Pondok Kelapa dijelaskan oleh Zaenuddin HM dalam bukunya “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe,” setebal 377 halaman, yang diterbitkan Ufuk Press pada Oktober 2012.

Dijelaskan bahwa, konon nama Pondok Kelapa berasal dari pondok-pondok yang terbuat dari batang serta daun pohon kelapa pada masa lalu di daerah tersebut.

Kala itu daerah Pondok Kelapa masih merupakan perkampungan, yang belum ada rumah-rumah penduduk maupun gedung mewahnya.

Bahkan hingga 1994 jaringan telekomunikasi belum menyentuh daerah tersebut, maka wajar saja bila penduduk setempat tidak mempunyai telepon rumah.

Namun, perubahan terjadi sejak dibangun Jalan Casablanca yang menghubungkan Jakarta Timur dengan Jakarta Selatan, antara lain penduduk di daerah Pondok Kelapa menjadi bertambah pesat.

Hal itu seiring dengan kehadiran sejumlah komplek perumahan yaitu Pondok Kelapa Permai, Pondok Kelapa Indah, Billy Moon, Kavling DKI, Komplek DKI, dan Taman Malaka.

Kemudian disusul komplek perumahan baru seperti Palem Indah dan Harris Regency yang dibangun sehingga populasi penduduk Kelurahan Kelapa Dua bertambah pesat dan juga perekonomiannya meningkat.

Demikian juga Jl Pondok Kelapa Raya yang semula didominasi rumah tinggal, kini dipenuhi berbagai macam tempat usaha, terutama restoran dan salon, sehingga Pondok Kelap menjadi salah satu tujuan kuliner di Jakarta Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
casablanca, jakarta timur

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top