Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Geopark Merangin Kembali Diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Dunia

Taman Bumi (Geopark) Merangin, di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, kembali diajukan ke UNESCO untuk ditetapkan sebagai warisan dunia meski sempat gagal.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Januari 2016  |  10:08 WIB
Geopark Merangin - Antara
Geopark Merangin - Antara

Bisnis.com, JAMBI - Taman Bumi (Geopark) Merangin, di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, kembali diajukan ke UNESCO untuk ditetapkan sebagai warisan dunia meski sempat gagal.

"Tahun ini pemerintah mengusulkan kembali Geopark Merangin Jambi bersama dengan Geopark Rinjani, Lombok, ke UNESCO Global Geopark," kata Kabid Geologi Dinas ESDM Provinsi Jambi, Karel Ibnu Suratno di Jambi, Sabtu (30/1/2016).

Karel mengatakan, sebelumnya Geopark Merangin Jambi telah diajukan ke UNESCO, namun karena masih banyak yang harus dibenahi, maka belum bisa ditetapkan sebagai warisan dunia.

"Geopark Merangin itu wilayahnya luas, sekarang pemetaannya hanya spesifik saja, yakni khusus hanya Palebotani Park (taman fosil-fosil), dan mulai Februari 2016 nanti akan dievaluasi program yang detail," ujarnya.

Geopark Merangin juga menyimpan fosil-fosil berumur sekitar 200 juta tahun. Jika telah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, akan ada lembaga independen yang mengelola kawasan tersebut, dan pemerintah hanya melakukan pendampingan dan pembinaan.

"Kalau banyak yang mengelola nantinya akan banyak tumpang tindih. Sebab itu ada lembaga independen yang akan mengelolannya dan kita yang melakukan pembinaan,"tambahnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

global geopark

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top