Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Jadwal Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi meluncurkan situs resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Situs ini untuk untuk mengisi dan memverifikasi Pangkalan Data dan Sekolah Siswa (PDSS) untuk SMA/SMK/MA seluruh Indonesia dan Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 17 Januari 2016  |  16:49 WIB
Ilustrasi SNMPTN. - Antara
Ilustrasi SNMPTN. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi meluncurkan situs resmi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2016. Situs ini untuk untuk mengisi dan memverifikasi Pangkalan Data dan Sekolah Siswa (PDSS) untuk SMA/SMK/MA seluruh Indonesia dan Sekolah Republik Indonesia (SRI) di luar negeri.

Berdasarkan penelusuran Bisnis.com, Minggu (17/1/2016), melalui laman http://snmptn.ac.id/ calon mahasiswa dapat melihat jadwal ujian, termasuk informasi universitas negeri beserta semua jurusannya yang bisa dimasuki melalui program SNMPTN 2016 ini.

Selain itu, dapat diperoleh informasi tata cara mengikuti SNMPTN, jadwal SNMPTN, program studi dan jumlah pilihan, biaya seleksi, prinsip dan mekanisme seleksi, hingga sanksi kecurangan.

Berdasarkan UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, PP No. 4/2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, Permen Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 2/2015 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri sebagaimana telah diubah dengan Permen Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 45/2015, pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi negeri dilakukan melalui seleksi.

Yaknis seleksi melalui SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri. SNMPTN merupakan seleksi yang dilakukan oleh masing-masing PTN di bawah koordinasi panitia nasional dengan seleksi berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik calon mahasiswa.

SNMPTN diikuti seluruh Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang sudah ditetapkan oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI), diselenggarakan dalam suatu sistem yang terpadu dan serentak.

Biaya pelaksanaan SNMPTN ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tidak dipungut biaya seleksi. Peserta SNMPTN dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan dinyatakan diterima di PTN berpeluang mendapatkan bantuan biaya pendidikan selama masa studi melalui program Bidikmisi.

Alamat panitia nasional SNMPTN adalah Gedung Rektorat Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sayap Utara Lantai 1
Jl. Colombo No. 1 Yogyakarta 55281,
Telepon (0274) 544049,
Faksimile (0274) 520 325,
E-mail : sekretariatseleksi2016@uny.ac.id

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

snmptn snptn
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top