Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amnesti Kelompok Din Minimi: Proses Hukum Tetap Jalan. Pemerintah Tetap Proses Amnesti

Pemerintah tetap akan memproses pengajuan amnesti untuk kelompok sipil bersenjata pimpinan Din Minimi, meskipun Polri tetap berniat melakukan proses hukum terkait sejumlah kasus kekerasan yang melibatkannya.
Kepala BIN Sutiyoso/Antara
Kepala BIN Sutiyoso/Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah tetap akan memproses pengajuan amnesti untuk kelompok sipil bersenjata pimpinan Din Minimi, meskipun Polri tetap berniat melakukan proses hukum terkait sejumlah kasus kekerasan yang melibatkannya.

Sutiyoso, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), mengatakan pemerintah akan memproses pengusulan amnesti untuk Din Minimi ke DPR.

Dari situ nantinya akan ditentukan apakah pengampunan tersebut akan diberikan atas persetujuan DPR atau tidak.

“Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan menulis surat untuk Komisi III DPR, untuk meminta persetujuan dari rencana itu. Tunggu saja nanti,” katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/1).

Sutiyoso menuturkan dirinya telah berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan DPR terkait pemberian amnesti kepada kelompok Din Minimi.

Hal itu juga yang menjadi dasar bagi dirinya untuk bertemu dan membujuk Kelompok Din Minimi menyerahkan senjatanya.

Menurutnya, usulan amnesti untuk Kelompok Din Minimi yang diajukan oleh pihaknya telah sesuai dengan arahan Presiden, sehingga pihaknya akan terus memprosesnya.

“Saya harus meyakini dulu bahwa ini [usulan amnesti] dapat diproses di kemudian hari, baru kami tawarkan kepada mereka. Kalau tidak bisa, saya tidak berani melanjutkannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan akan memberikan amnesti untuk Kelompok Din Minimi setelah melalui proses.

Pasalnya, permintaan amnesti tersebut sudah berjalan sejak lama, agar kelompok itu dapat berkontribusi dalam pembangunan.

Presiden juga menyebutkan pembicaraan terkait amnesti tersebut sebenarnya telah berlangsung beberapa kali, sehingga Kelompok Din Minimi bersedia menyerahkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper