Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erdogan: Tentara Turki Akan Tetap di Irak

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (27/12/2015) kembali mengatakan bahwa tentara Turki akan tetap berada di Irak.
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. /Reuters
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. /Reuters

Bisnis.com, ISTAMBUL - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Minggu (27/12/2015) kembali mengatakan bahwa tentara Turki akan tetap berada di Irak.

"Tentara Turki berada di Irak untuk memberi perlindungan bagi pelatihan tentara dan akan terus berada di sana," kata Presiden Turki itu dalam satu acara di Istanbul.

Ia kembali menyampaikan pendapatnya bahwa tentara tersebut bukan digelar sebagai pasukan tempur dan Turki "bertekad" untuk melanjutkan misinya melatih pasukan Arab dan Kurdi.

Ankara mengirim ratusan tentara ke Kamp Bashiqa di Irak Utara pada awal Desember, dan menyatakan pasukan itu adalah bagian dari misi internasional untuk melatih dan memperlengkapi pasukan Irak guna memerangi ISIS.

Namun, Baghdad mengecam tindakan tersebut dan telah membawa masalah itu ke Dewan Keamanan PBB dalam upayanya untuk mendesak penarikan lengkap.

Setelah Presiden AS Barack Obama berbicara dengan Erdogan melalui telepon, Kementerian Luar Negeri Turki mengeluarkan pernyataan pada 19 Desember untuk mengumumkan bahwa Turki akan memindahkan tentaranya dari Bashiqa.

Di dalam pidatonya di Istanbul, Erdogan juga menuduh Iran dan Rusia melanjutkan kebijakan tersembunyi dalam mendukung Presiden Bashar al-Assad dan rejimnya. "Seandainya Iran tidak berada di belakang Bashar karena alasan tetentu, hari ini barangkali kami takkan membahas masalah seperti Suriah," katanya.

Erdogan menuduh Rusia memanfaatkan perang saudara di Suriah sebagai sarana untuk mewujudkan tujuannya memperkuat kehadirannya di Wilayah Timur Tengah.

Petempur Turki menembak hingga jatuh satu pesawat tempur Rusia pada November, sehingga membuat keruh hubungan bilateral kedua negara tersebut.

Turki mendukung pasukan oposisi di Suriah dan berkeras mengenai pendepakan Bashar dalam setiap peralihan politik di negara Arab itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper