Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIZAL RAMLI: Pada Reshuffle Kabinet Kedua, Biar Presiden yang Pilih Menteri

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengusulkan agar pada perombakan (reshuffle) kabinet kedua, Presiden Jokowi sendiri yang memilih tokoh yang akan diangkat menjadi menteri.
Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. /DG
Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli. /DG

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mengusulkan agar pada perombakan (reshuffle) kabinet kedua, Presiden Jokowi sendiri yang memilih tokoh yang akan diangkat menjadi menteri.

"Kami mengusulkan agar 'reshuffle' yang kedua ini Presiden memilih sendiri tokoh-tokoh atau ahli-ahli untuk menjadi menteri," katanya seusai rapat tentang pariwisata di kantor Kemenko Kemaritiman, di Jakarta, Senin (28/12/2015).

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid itu mengungkapkan, pada sembilan bulan pertama Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla, kabinet itu kebanyakan dipilih oleh orang lain sehingga kinerjanya tidak maksimal.

"Presiden Jokowi sendiri hanya milih dua orang, yaitu Pak Pratikno dan Pak Andrinof. Dan kita ketahui, sembilan bulan pertama itu enggak jelas arahnya," ujarnya.

Kemudian, saat perombakan pertama, katanya, perlahan mulai terjadi perbaikan ekonomi yang tadinya merosot. Pasalnya, pada perombakan tahap pertama banyak menteri di bidang ekonomi yang diganti, termasuk dirinya.

Momentum titik balik itu, menurut Rizal, seharusnya bisa dimanfaatkan untuk melakukan perombakan kedua.

"Kuncinya, Pak Jokowi sebagai Presiden pilih sendiri. Jangan orang lain yang pilih, karena selama ini sudah diberi kesempatan orang lain milih dan hasilnya kurang menggembirakan," katanya.

Rizal menambahkan, Presiden berhak mendapat masukan dari mana saja terkait perombakan kabinet. Hal itu, menurut dia, penting agar momentum titik balik ekonomi Indonesia bisa berlanjut dengan cepat pada 2016.

"Kriterianya itu, usul kami, harus mengerti trisakti dan nawacita, memiliki kepemimpinan, memiliki kompetensi dan kemampuan teknis serta punya integritas," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper