Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJI KOMPETISI GURU: Hari Pertama, 5% Guru Ikuti Ujian

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) di hari pertama telah dilaksanakan. Sebanyak 5% guru peserta UKG telah melaksanakan dan menyelesaikan ujian. Dari data Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di hari pertama terdapat 123.237 guru yang melaksanakan ujian. Adapun total guru peserta mencapai hampir 2,6 juta guru.
Uji kompetensi guru (UKG)/Antara
Uji kompetensi guru (UKG)/Antara
Kabar24.com, JAKARTA -- Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) di hari pertama telah dilaksanakan. Sebanyak 5% guru peserta UKG telah melaksanakan dan menyelesaikan ujian. 
 
Dari data Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di hari pertama terdapat 123.237 guru yang melaksanakan ujian. Adapun total guru peserta mencapai hampir 2,6 juta guru.
 
Sebanyak 123.237 guru peserta di hari pertama tersebut melaksanakan ujian di 2.930 tempat uji kompetensi (TUK) yang berbeda. Adapun total TUK untuk UKG 2015 adalah 4.114 sekolah.
 
Direktur Jenderal GTK Kemendikbud Sumarna Surapranata menuturkan, pelaksanaan waktu UKG di masing-masing daerah bahkan di setiap TUK berbeda-beda. Jadwal tersebut disesuaikan dan diatur sedemikian rupa agar guru melaksanakan ujian secara bertahap dan bergantian.
 
"Prinsipnya tidak bedol desa. Tidak semua guru meninggalkan sekolah secara bersamaan. Karena memang pelaksanaan UKG menggunakan rentang waktu 9-27 November," ucapnya di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (10/11/2015).
 
Kemendikbud melakukan pemantauan UKG dengan menggunakan sistem computer assist test (CAT). Dengan sistem tersebut, Kemendikbud memantau langsung pelaksanaan UKG secara waktu nyata (real time) melalui server.
 
Seperti diketahui, UKG berlangsung dengan menggunakan dua sistem yakni online dan offline. UKG online atau computer based test berlangsung bertahap di 477 kabupaten/kota mulai 9-27 November. Sedangkan UKG offline berlangsung di 37 Kabupaten pada 27 November mendatang.
 
Sementara UKG susulan dijadwalkan akan digelar pada 7-11 Desember 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper