Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster

Petugas Bea dan Cukai Bandung yang berhasil menggagalkan penyelundupan 30.000 bibit lobster melalui Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Bibit-bibit lobster tersebut diperkirakan bernilai Rp1 miliar.
Bea Cukai/Ilustrasi
Bea Cukai/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Petugas Bea dan Cukai Bandung yang berhasil menggagalkan penyelundupan 30.000 bibit lobster melalui Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Bibit-bibit lobster tersebut diperkirakan bernilai Rp1 miliar.

Direktur Penindakan dan Penyidikan Ditjen Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian  Harry Mulya mengungkapkan penggagalan upaya penyelundupan tersebut dilakukan pada Jumat (16/10/2016). Pelakunya yaitu tiga calon penumpang pesawat Silk Air MI 195 rute Bandung-Singapura.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, puluhan ribu bibit lobster tersebut dikemas dalam 176 kantong plastik, lalu dimasukkan ke dalam enam koper ukuran besar yang dibawa oleh para pelaku.

"Penyelundupan bibit lobster ini menggunakan modus dengan menyamarkannya sebagai barang bawaan penumpang dan dimasukkan ke dalam koper tanpa menyerahkan pemberitahuan pabean," ungkapnya melalui keterangan tertulis, Minggu (1/11/2015).

Seperti diketahui, berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 1/PERMEN- KP/2015 tentang Penangkapan Lobster, Kepiting, dan Rajungan, bibit lobster termasuk ke dalam jenis hasil laut yang dilarang penangkapannya.

"Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan ini dikeluarkan untuk mencegah eksploitasi berlebihan di laut yang bisa menyebabkan makin menurunnya tangkapan nelayan," jelasnya.

Sebagai tindak lanjut, petugas kemudian mengamankan ketiga tersangka berinisial LYC, MIB, dan DA. Ketiganya merupakan warga Kota Bandung, dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper