Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDAM Tirta Musi Butuh Investasi Rp1,1 Triliun

PDAM Tirta Musi Palembang mencatat butuh investasi hingga Rp1,1 triliun untuk pengembangan bisnis layanan serta pembangunan infrastruktur berupa instalasi pengelolaan air baru di kota itu.
PDAM/Ilustrasi
PDAM/Ilustrasi

Kabar24.com, PALEMBANG – PDAM Tirta Musi Palembang mencatat butuh investasi hingga Rp1,1 triliun untuk  pengembangan bisnis layanan serta pembangunan infrastruktur berupa instalasi pengelolaan air baru di kota itu.

Direktur Teknis PDAM Tirta Musi Palembang Stephanus mengatakan, investasi yang dibutuhkan pihaknya itu akan muncul dari berbagai sumbertermasuk dari kantong perusahaan sendiri.

“Komposisinya masih banyak dari PDAM, yaitu 45%, sementara APBN 14%  dan Ditjen Cipta Karya Kementerian PU sebanyak 12%,” katanya, Selasa (23/6).

Tak hanya itu, menurut Stephanus, pihaknya juga akan mengandalkan fasilitas pembiayaan dari perbankan senilai Rp222,12 miliar dan  alokasi dari APBD Kota Palembang sebanyak Rp196,5 miliar.

PDAM sendiri akan mengalokasikan kocek sekitar Rp449 miliar untuk investasi tersebut.

Stephanus mengemukakan perusahaan telah menggelontorkan dana hingga Rp100 miliar untuk investasi selama lima tahun terakhir.

Dia memaparkan Tirta Musi berencana membangun beberapa sistem instalasi pengelolaan air (IPA) baru, seperti Sistem IPA Ogan 2, IPA Gandus dan up rating di IPA Ogan I serta IPA Karang Anyar.

Melalui pembangunan infrastruktur itu maka perusahaan menargetkan dapat mencapai 110.000 pelanggan sampai dengan 2020 mendatang.

“Bisa saja sebelum 2020 target itu sudah tercapai karena saat ini kami mampu menyambung 2.000 pelanggan baru per bulan,” katanya.

Adapun jumlah total pelanggan Tirta Musi telah mencapai 250.000 pelanggan per Mei 2015. Perusahaan daerah itu menargetkan jumlah dapat menjadi 256.000 pelanggan – 258.000 pelanggan hingga akhir tahun.

Dengan pertumbuhan jumlah pelanggan yang mencapai 9% -- 12% per tahun maka pihaknya juga perlu menambah kapasitas produksi sekitar 11% setiap tahun.

Saat ini kapasitas produksi Tirta Musi sebanyak 3.738 liter per detik dengan kapasitas terpasang 3.870 liter per detik.

“Dari sisi kapasitas sebetulnya sudah sangat terbatas sekali oleh karena itu kami minta bantuan segala pihak untuk mempercepat pengembangan dan investasi untuk pelayanan yang berkelanjutan,” paparnya.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Cik Mit menambahkan pihaknya berencana menambah kapasitas produksi sebanyak 2.000 liter per detik pada tahun ini.

“Rencananya ada penambahan kapasitas produksi, meliputi  a.l di Gandus 1.100 liter per detik,” ujarnya.
Bangun Waduk.

Untuk mendukung pelayanan yang berkelanjutan, Pemkot Palembang selaku pemilik PDAM Tirta Musi akan membangun waduk seluas 100 hektare di Tanjung Barangan, Kecamatan Bukit Baru.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper