Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Status Awas, Gunung Sinabung Terus Dipantau

Adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Sinabung, Sumatera Utara, membuat statusnya ditingkatkan dari Siaga (level 3) menjadi status Awas (level 4).
Gunung Sinabung
Gunung Sinabung

Kabar.com, JAKARTA – Adanya peningkatan aktivitas vulkanik di Gunung Sinabung, Sumatera Utara, membuat  statusnya ditingkatkan dari Siaga (level 3) menjadi status Awas (level 4). Sejak status tersebut diumumkan kondisi gunung api dengan ketinggian 2.460 meter dpl tersebut terus dipantau.

“Aktivitas Gunung Sinabung terus dipantau. Teramati guguran lava pijar dari puncak sejauh 1-2 km ke arah selatan dan 1 km ke tenggara. Terjadi 42 kali guguran dan tremor menerus,” Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis (4/6/2015).

Meski demikian, menurut Sutopo, adanya kondisi tersebut tidak lantas membuat masyarakat setempat dilanda kepanikan. Sejauh ini, sekitar 2.727 jiwa atau sekitar 677 kepala keluarga dari empat desa yang terdapat di sisi selatan dan tenggara kawah Gunung Sinabung telah diungsikan ke lokasi yang lebih aman.

“Aktivitas masyarakat di Kabupaten Karo berjalan normal. Peningkatan status dari Siaga (level 3) menjadi Awas (level 4) sejak Selasa (2/6) pukul 23.00 Wib tidak membuat warga Sinabung panik. Masyarakat sudah cukup beradaptasi dengan erupsi Gunung Sinabung yang meletus sejak Agustus 2010,” tambahnya.

Perjalanan erupsi Sinabung telah berlangsung cukup lama dan membuat statusnya beberapa kali diganti. Pada 3 November 2013 lalu, status Gunung Sinabung dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga.

Sejak hari itu, aktivitas vulkanik terus meningkat hingga kemudian pada 24 November tahun yang sama, statusnya ditingkatkan menjadi Awas. Tetapi sejak 8 April 2014 lalu, tingkat aktivitasnya diturunkan kembali dari level Awas menjadi Siaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ropesta Sitorus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper