Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Mohon Menterinya Ada Terobosan

Presiden Jokowi meminta menteri di sektor nelayan, pertanian, pariwisata, infrastruktur, energi, serta usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM melakukan terobosan dalam menjalankan tugasnya.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 25 Mei 2015  |  14:41 WIB

Kabar24.com, JAKARTA—Presiden Jokowi meminta menteri di sektor nelayan, pertanian, pariwisata, infrastruktur, energi, serta usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM melakukan terobosan dalam menjalankan tugasnya.

Dalam sambutannya sebelum Rapat Kabinet Terbatas, Presiden Jokowi mengatakan sektor nelayan, pertanian, pariwisata, infrastruktur, energi, dan UMKM akan menjadi fokus kerja pada 2016. Untuk itu, harus ada terobosan yang dibuat tanpa melanggar aturan yang ada, agar dampaknya langsung dinikmati masyarakat.

“Para menteri dan seluruh pimpinan lembaga negara harus mengambil tindakan yang sesuai dengan berbagai masalah yang ada di bawah tanggung jawabnya, dan harus bisa membuat terobosan tanpa melanggar aturan,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/5).

Presiden Jokowi menuturkan masyarakat di perbatasan dan masyarakat pinggiran akan tetap menjadi perhatian utama pemerintah dalam melakukan pembangunan nasional. Dengan begitu, pembangunan dapat dilakukan secara merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Menurutnya, kebijakan terkait nelayan harus berpihak kepada kelompok-kelompok marjinal yang selama ini kurang diperhatikan. Kemudian, sektor pertanian juga harus mampu mengamankan panen petani, harga, dan pasokannya di masyarakat.

“Untuk pariwisata, objek pariwisata di kawasan Indonesia timur harus terus dikembangkan, dan UMKM harus dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan, dari yang semula mental pencari kerja harus diubah menjadi mental pencipta lapangan pekerjaan,” ujarnya.

Dia juga menyebutkan infrastruktur seperti jalan dan jembatan harus segera diselesaikan agar arus barang dapat berjalan baik. Selain itu, menteri di sektor energi juga harus memastikan ketersediaan pasokannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kabinet Jokowi kabinet kerja
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top