Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Buntut Perbudakan ABK, 300 Ton Ikan Disita dari Benjina

Kepolisian Resor Kepulauan Aru telah menyita empat kapal Antasena terkait dengan kasus perdagangan orang (human trafficking) anak buah kapal (ABK). Keempat kapal itu disita di Benjina tiga hari yang lalu.
Pasar ikan/Ilustrasi
Pasar ikan/Ilustrasi

Bisnis.com, DOBO - Kepolisian Resor Kepulauan Aru telah menyita empat kapal Antasena terkait dengan kasus perdagangan orang (human trafficking) anak buah kapal (ABK). Keempat kapal itu disita di Benjina tiga hari yang lalu.

Keempat kapal tersebut merupakan kapal jenis antasena 311, 141, 142, 309. "Dua di antaranya berisi muatan ikan kira-kira 300 ton," ujar Kepala Kepolisian Resor Kepulauan Aru Harold Huwae di kantornya, Sabtu (16/5/2015).

Harold mengatakan enam orang yang terdiri atas empat nakhoda kapal tersebut telah ditahan sejak Senin dua pekan lalu. Mereka adalah Hatsaphin Phaet Jakreng (nakhoda kapal Antasena 141), Boonsom Jaika (nakhoda kapal Antasena 311), Hermanwir Martino (Direktur PT PBR-Pusaka Benjina Resource), Surachai Maneephong (nakhoda kapal Antasena 142), Somchit Korraneesuk (nakhoda kapal Antasena 309), dan Mukhlis Ohoitenan (staf PBR).

"Mereka ditahan karena tindak pidana perdagangan orang," kata Harold. Para tersangka, ujar Harold, telah mengakui perbuatannya.

Adapun barang temuan berupa ikan 300 ton masih diselidiki lebih dalam oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai praktek illegal fishing. "Inilah tujuan kami. Dengan adanya temuan ini, bisa jadi ini praktek illegal fishing," ujar salah satu anggota KKP yang berada di Dobo yang enggan disebutkan namanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Sumber : tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper