Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BLH Bali Ingatkan Hotel Kelola Limbah

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bali melakukan sidak ke hotel Oberoi Seminyak Kuta untuk meninjau pengolahan limbah hotel tersebut.
Natalia Indah Kartikaningrum
Natalia Indah Kartikaningrum - Bisnis.com 12 Mei 2015  |  14:30 WIB
/airlimbah.com
/airlimbah.com

Kabar24.com, DENPASAR--Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bali melakukan sidak ke hotel Oberoi Seminyak Kuta untuk meninjau pengolahan limbah hotel tersebut.

Kepala Badan BLH Provinsi Bali, Gede Suarjana mengungkapkan, sidak tersebut merupakan upaya menanggulangi permasalahan pengelolaan limbah di industri pariwisata yang sering terjadi di Bali.

"Selain itu juga untuk menindaklanjuti rekam jejak hotel-hotel di Bali yang mendapat rapor merah versi program penilaian peringkat kerja perusahaan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI," jelasnya melalui siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (12/5/2015).

Dalam sidaknya, dia menyatakan, hotel Oberoi merupakan hotel bintang lima di Bali yang telah berdiri selama 34 tahun dan pengelolaan limbahnya masih menggunakan sistem septic tank (penyerapan) yang lama.

"Sebagai hotel dengan kategori bintang lima, seharusnya sudah menggunakan sistem instalasi pengelolaan air limbah sendiri atau jika tidak dapat melakukan pengelolaan limbah hotel tersebut harus menyerahkannya kepada pusat pengelolaan limbah yaitu Denpasar Sewerage Development Project (DSDP)," paparnya.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian BLH Kabupaten Badung, Nengah Sukanta, mengatakan bahwa hotel Oberoi telah mendapat surat teguran tertulis dari Proper yang ditindaklanjuti oleh kabupaten.

"Pihak kabupaten juga sudah meminta hotel ini agar bekerjasama dengan sistem pengelolaan limbah yang terpusat yakni DSDP dengan daerah layanan yang meliputi Kota Denpasar, Sanur, dan Kuta untuk mengurangi pencerman lingkungan dari kontaminasi air limbah domestik," tuturnya.

Chief Engineer Oberoi Hotel, Made Suarnata menyatakan bahwa pihaknya sudah berkomitmen dalam menindaklanjuti teguran tersebut.

"Per tanggal 1 Mei 2015 kami telah melakukan kerjasama dengan DSDP dalam pengolahan limbah domestik. Kami berharap dengan adanya kerjasama ini rapor merah yang disandang Oberoi dapat berubah menjadi warna hijau," ungkapnya.

Dia menambahkan, dengan koreksi ini hotel Oberoi dapat memberikan kontribusi dalam pelestarian lingkungan dan menjadi hotel yang ramah lingkungan kedepannya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel bali limbah
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top