Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saudi Eksekusi Mati TKI Lagi, Indonesia Layangkan Nota Protes Lebih Keras

Pemerintah Indonesia kembali menyampaikan nota protes kepada pemerintah Arab Saudi setelah eksekusi mati tenaga kerja Indonesia yang terkesan diam-diam dilakukan untuk kedua kalinya.
Lavinda
Lavinda - Bisnis.com 18 April 2015  |  05:59 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA—Pemerintah Indonesia kembali menyampaikan nota protes kepada pemerintah Arab Saudi setelah eksekusi mati tenaga kerja Indonesia yang terkesan diam-diam dilakukan untuk kedua kalinya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri sudah memanggil Duta Besar Arab Saudi dan menyampaikan nota protes.

Indonesia juga meminta agar Negeri Petro Dollar itu memberlakukan hukum internasional kepada TKI yang terkena kasus pidana.

“Ya [sampaikan notifikasi] diprotes lagi, sekarang [protes] lebih keras lagi,”ungkapnya tegas, Jumat(17/4/2015).

Kendati melayangkan nota protes, Kalla memaklumi sistem administrasi hukum Arab Saudi yang berbeda dengan Indonesia. Salah satunya terkait pemberlakuan vonis dan waktu eksekusi yang terlihat samar.

“Kadang sistem administrasi Saudi tidak seperti kita. Selama sudah divonis, kapan-kapan waktu kelihatannya mereka,” jelasnya.

Dua TKI yang sempat bekerja di Arab Saudi, Siti Zaenab dan Karni, dieksekusi mati dalam waktu berdekatan, hanya selisih kurun waktu satu pekan. Hal yang mengecewakan, pemerintah Arab Saudi tidak memberi informasi awal terkait eksekusi tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

TKI TKW dipenggal
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top