Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TKW DIPENGGAL: Ketua DPR Minta Dubes RI Investarisasi Kasus WNI

DPR akan segera memanggil duta besar Indonesia untuk Arab Saudi guna memberikan keterangan terkait eksekusi hukuman mati terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) Siti Zaenab.
Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, JAKARTA— DPR akan segera memanggil duta besar Indonesia untuk Arab Saudi guna memberikan keterangan terkait eksekusi hukuman mati terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) Siti Zaenab.

Ketua DPR Setya Novanto mengatakan DPR akan segera mengundang duta besar atau pejabat kedutaan untuk meminta keterangan.

“Hukuman mati itu dilaksanakan tanpa sepengetahuan pemerintah Indonesia dan keluarga Siti Zaenab,” katanya di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Rabu (15/4/2015).

Atas kondisi itu, paparnya, dapat disimpulkan tidak ada koordinasi antara kedutaan dengan pemerintah Arab. “Harusnya kedutaan bisa lebih proaktif untuk mengorek informasi tentang status hukum WNI.”

Dalam pertemuan dengan duta besar nanti, DPR akan meminta mereka lebih proaktif dalam menjalankan visi dan misi.

“DPR juga meminta dubes mengevaluasi negara-negara yang memberlakuka vonis hukuman mati, “ ujar Setnov.

Dengan demikian, pemerintah bisa mendeteksi dan mengambil langkah sedini mungkin terhadap WNI. “Ini tanggung jawab pemerintah. WNI bermasalah harus segera diinventarisasi agar tidak terjadi kasus seperti ini,” tambahnya.

Selain itu, DPR akan meminta masukan tentang penyelesaian WNI yang bermasalah di luar negeri.

“DPR berharap, ada langkah maju dalam menangani sengketa hukum WNI di luar negeri,” kata Setnov, sapaan akrab Setya Novanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper