Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UJIAN NASIONAL 2015: Tak Lulus Dapat Ijazah, Bisa Daftar ke Universitas?

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Mohni, mengatakan meski tidak lulus ujian nasional (UN), baik tulis maupun online, siswa tetap mendapatkan ijazah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 April 2015  |  19:59 WIB
Uji coba Ujian Nasional secara online - Antara
Uji coba Ujian Nasional secara online - Antara

Kabar24.com, BANGKALAN-- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Mohni, mengatakan meski tidak lulus ujian nasional (UN), baik tulis maupun online, siswa tetap mendapatkan ijazah.

Pemberian ijazah ini, kata dia, karena nilai UN tak lagi menjadi penentu lulus tidaknya siswa. Kelulusan siswa ditentukan pihak sekolah.

"Tetap dapat ijazah, tapi ada persyaratannya," kata Mohni di sela-sela acara pendistribusian soal Ujian Nasional di Polres Bangkalan, Sabtu (11/4/2015).

Syarat tersebut, kata Mohni, siswa harus mengulang UN pada mata pelajaran yang tidak lulus pada UN tahun depan. Dia mencontohkan pada UN tahun ini seorang siswa tidak lulus mata pelajaran matematika, maka pada lembar Surat Hasil Ujian Nasional (SHUN) akan diberi keterangan tidak lulus.

Pada UN tahun depan, siswa tersebut harus mengulang pelajaran matematika.

"Sistemnya seperti SKS di universitas dan wajib mengulang," katanya lagi.

Apakah ijazah yang tidak lulus bisa digunakan mendaftar ke perguruan tinggi? Mohni mengatakan keputusan itu bergantung pada kebijakan masing-masing universitas.

Sebab, katanya, hingga kini belum ada suara bulat dari pihak universitas apakah menerima atau menolak ijazah milik siswa yang tidak lulus murni.

"Bisa saja dipakai daftar ke universitas, tapi mungkin ada syarat khusus," katanya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Bangkalan Bambang Mustika berharap meski tidak lulus murni tetap mendapatkan ijazah, siswa tetap harus giat belajar dan tidak menganggap remeh UN.

"Kalau lulus murni kan lebih enak saat daftar ke perguruan tinggi, tidak ada kendala," ujarnya.

Jumlah peserta UN tahun 2015 di Bangkalan sebanyak 9.700 siswa, yang terdiri atas 3.621 siswa SMA, 2.816 siswa SMK, 2.407 siswa Madrasah Aliyah, dan sisanya 856 merupakan peserta ujian Paket A dan C.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2015

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top