Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UJIAN NASIONAL 2015: Menteri Anies Ingatkan Orangtua Jangan Marah-marah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berpesan kepada para orangtua agar tidak memarahi anak-anak mereka yang tengah menjelang ujian nasional (UN) untuk sekolah menengah atas (SMA).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 April 2015  |  16:02 WIB
Uji Coba Ulang UN Online Sejumlah siswa mengikuti uji coba ulang Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (7/4). - Antara
Uji Coba Ulang UN Online Sejumlah siswa mengikuti uji coba ulang Ujian Nasional Computer Based Test (UN CBT) di SMK Negeri 1 Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Selasa (7/4). - Antara

Kabar24.com, BOGOR-- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berpesan kepada para orangtua agar tidak memarahi anak-anak mereka yang tengah menjelang ujian nasional (UN) untuk sekolah menengah atas (SMA).

"Bapak-Ibu, jangan marahi anaknya bila pada malam hari tidak belajar menjelang UN," katanya di Kampung Laladon, Kabupaten Bogor, Sabtu (11/4/2015).

Anies justru menyarankan anak-anak SMA dan sederajat itu tidak belajar pada malam menjelang UN dan tidur lebih awal. Sebab, dengan begitu, mereka bisa tidur cukup. Jadi pada pagi harinya mereka bisa melaksanakan UN  dengan kondisi tubuh segar dan mampu lebih memfokuskan pikiran.

Anies menyarankan para siswa belajar keras sampai Sabtu (11/4/2015) sore. Lalu, pada Minggu (12/4/2015), mereka tak perlu belajar terlalu keras.

"Baca-baca sedikit boleh, tapi jangan belajar keras hingga larut malam. Sistem kebut semalam namanya nanti," katanya.

Dia pun mengingatkan agar para siswa berdoa menjelang ujian.

"Juga jangan lupa meminta didoakan oleh orangtua," katanya.

UN tingkat SMA akan mulai dilaksanakan pada Senin (13/4/2015). Ada dua cara ujian yang diberlakukan tahun ini, yakni manual dan berbasis komputer.

Yang paling berbeda dalam ujian kali ini adalah nilai ujian tidak menjadi satu-satunya syarat kelulusan bagi siswa. Kelulusan siswa kini diputuskan sekolah dengan melihat berbagai aspek.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2015

Sumber : Tempo.co

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top