Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rahasia Mario Selamat dari Suhu Superdingin di Roda Garuda

Dokter Kesehatan Penerbangan Letnan Kolonel Wawan Mulyana punya dugaan unik soal Mario Steven Ambarita.
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 08 April 2015  |  20:57 WIB
Ilustrasi Roda Pesawat. - www.businessinsider.com
Ilustrasi Roda Pesawat. - www.businessinsider.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter Kesehatan Penerbangan Letnan Kolonel Wawan Mulyana punya dugaan unik soal Mario Steven Ambarita.

Fakta Mario masih hidup dalam kondisi ekstrem diduga dibantu ban pesawat. "Analisis saya, panas ban pesawat yang bersentuhan dengan aspal bandara sebelum terbang berperan menyelamatkan Mario," kata Wawan kepada Tempo saat dihubungi, Rabu (8/4/2015).

Panas hasil gesekan ban pesawat dengan aspal bandara, menurut Wawan, juga tergolong ekstrem. Pesawat Garuda GA 117 menggunakan Boeing 737-800 yang beratnya mencapai 79 ton. Wawan meyakini ban pesawat sangat panas ketika bekerja.

"Kemungkinan suhu lokal ban yang relatif berbeda dengan suhu di langit sempat menahan penurunan suhu secara drastis," kata Wawan.

Wawan takjub Mario bisa hidup setelah mengalami kondisi ekstrem. Menurut Wawan, orang yang mengalami perubahan suhu secara drastis dari panas ke minus puluhan derajat Celsius bisa kehilangan kesadaran. Orang bahkan bisa mati jika mengalami perubahan tekanan udara secara ekstrem.

"Manusia punya batas 'waktu sadar efektif' yang berbeda saat dihadapkan pada kondisi oksigen yang tipis, dalam taraf ekstrim, dia bahkan tak bakal bisa menjawab berapa empat ditambah empat. Fase yang lebih parah adalah kematian," katanya.

Nama Mario menjadi tenar karena pada Selasa, (7/4/2015), dia menumpang Garuda GA 117 dari Pekanbaru ke Jakarta. Bukan sembarangan menumpang, laki-laki 21 tahun itu menjadi penumpang gelap dengan cara naik dan bersembunyi di batang roda pesawat.

Terbang selama seratus menit, dia ditemukan masih hidup dengan tubuh membiru karena dekompresi dan kekurangan oksigen.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mario Penyusup Ban Garuda

Sumber : tempo.co

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top