Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menag Lukman Hakim Saifuddin: IAIN Hasil Perjuangan Politik Budaya

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan bahwa kehadiran IAIN merupakan hasil dari perjuangan politik budaya.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 31 Maret 2015  |  20:33 WIB
Menag Lukman Hakim Saifuddin: IAIN Hasil Perjuangan Politik Budaya
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin - Antara
Bagikan

Kabar24.com, PADANG—Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyebutkan bahwa kehadiran IAIN merupakan hasil dari perjuangan politik budaya.

Hal itu disampaikan Menteri Lukman Hakim saat meresmikan pembangunan kampus III Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol di Sungai Bangek, Padang, Sumatra Barat.

Lukman menyebutkan IAIN adalah sebuah lahan untuk mewujudkan dan menyiapkan generasi muda yang memiliki keseimbangan dalam ilmu agama dan wawasan umum untuk memajukan bangsa dan negara.

“Kementerian Agama sangat mengapresiasi tak hanya IAIN, tetapi mereka-mereka yang mengelola [pendidikan berbasis ilmu agama dan pengetahuan umum]. IAIN merupakan hasil perjuangan politik kebudayaan para guru kita dulu,” katanya, Selasa (31/3/2015).

Menurut Lukman, di tengah bangsa Indonesia yang sangat religius, ada perguruan tinggi negeri Islam, Sebab PTN islam dapat menjadi wadah untuk mengembangkan peradaban bangsa, khususnya umat islam.

“Untuk menjaga Indonesia, Islam merupakan faham yang bisa hidup bersama, sehingga Islam tidak kaku dapat terawat dan terjaga dengan baik,” ujarnya.

Rektor IAIN Imam Bonjol Padang Asasriwarni mengatakan kampus III perguruan tinggi tersebut akan dibangun di lahan seluas 64 hektare yang dibeli sejak 2010.

“Lahan sudah ada, namun yang jadi kendala saat ini adalah biaya dalam pembangunan kampus. Jadi kami minta bantuan Menteri dan Gubernur, sehingga kampus ini bisa segera digunakan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

iain
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top