Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjelasan Imigrasi soal Nama Muhammad & Ali yang Sulit Lewat Mesin Autogate

Juru bicara Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Yan Wely Wiguna, membantah bahwa sistem autogate mempersulit pemilik nama Muhammad dan Ali dalam urusan imigrasi. Sistem tidak didesain untuk melakukan penolakan terhadap nama tertentu.
Mesin autogate di Bandara Soekarno-Hatta/Twitter
Mesin autogate di Bandara Soekarno-Hatta/Twitter

Kabar24.com, JAKARTA--Juru bicara Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, Yan Wely Wiguna, membantah bahwa sistem autogate mempersulit pemilik nama Muhammad dan Ali dalam urusan imigrasi. Sistem tidak didesain untuk melakukan penolakan terhadap nama tertentu.

"Yang terjadi adalah, sistem akan menampilkan hasil verifikasi data yang terindikasi memiliki tingkat kemiripan serta kesesuaian terhadap data pencegahan dan penangkalan," kata Yan, seperti dimuat dalam situs resmi kementerian, Jumat (20/3/2015).

Diberitakan oleh beberapa media bahwa pemilik nama Muhammad dan Ali sulit terdaftar pada autogate di Bandara Soekarno-Hatta. Bahkan, disebutkan karena memiliki nama Muhammad dan Ali, beberapa calon penumpang yang hendak bepergian ke luar negeri harus mengantre manual.

Yan mengatakan beberapa data yang diverifikasi oleh autogate, antara lain, kepemilikan paspor, pencegahan dan penangkalan, serta data keimigrasian lainnya. Proses verifikasi data pun membutuhkan waktu, terutama bagi nama yang ada mirip atau sesuai dengan data pencegahan dan penangkalan yang telah di-input sebelumnya.

Secara umum, kata Yan, autogate merupakan perangkat yang dirancang untuk melaksanakan perekaman data perlintasan di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) bagi warga negara Indonesia.

Sedangkan bagi pemegang paspor non-elektronik, mereka harus melakukan proses pendaftaran terlebih dulu di TPI.

“Saat ini sedang kami kembangkan agar pemegang paspor non-elektronik tak perlu daftar."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper