SNMPTN 2015: Inilah 10 Kampus Paling Diminati Calon Mahasiswa

Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 puas dengan meningkatnya jumlah pendaftar SNMPTN dari jalur prestasi pada tahun ini.
| 17 Maret 2015 08:06 WIB

Kabar24.com, JAKARTA - Panitia Pusat Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 puas dengan meningkatnya jumlah pendaftar SNMPTN dari jalur prestasi pada tahun ini.

Ketua Umum Panitia Pusat SNMPTN 2015 Rokhmat Wahab mengemukakan ada 852.093 siswa dari 15.317 sekolah yang berminat mendaftar SNMPTN.

"Sesuai target dan naik 9,5% dari tahun lalu," kata Rokhmat.

Dia menjelaskan mayoritas pendaftar masih memilih kampus-kampus di Jawa. Dia mencatat sepuluh kampus dengan jumlah pendaftar terbanyak belum banyak berubah dari tahun lalu.

Ke-10 kampus yang paling diminati para pendaftar tersebut berdasarkan urutan jumlah pendaftar terbanyak sebagai berikut:

1. Universitas Padjajaran
2. Universitas Gadjah Mada
3. Universitas Brawijaya
4. Universitas Sumatera Utara
5. Universitas Diponegoro
6. Universitas Negeri Semarang
7. Universitas Pendidikan Indonesia
8. Universitas Sebelas Maret
9. Universitas Hasanudin
10. Universitas Negeri Yogyakarta

Menurutnya, data itu sebenarnya sudah diprediksi sejak awal. Apalagi pada tahun ini ada peraturan yang mewajibkan satu dari dua pilihan pendaftar haruslah kampus negeri di daerah asalnya.

"Kampus di daerah padat penduduk pasti banyak pemilihnya," kata Rektor Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Dia mencontohkan kampus asal Jawa Barat, seperti Universitas Padjajaran, mendulang pendaftar terbanyak atau mengulang hal serupa pada tahun lalu. Hal ini mengingat Jawa Barat merupakan kawasan paling padat penduduk di Indonesia.

"Masuknya dua kampus negeri asal Yogyakarta dalam daftar 10 besar itu justru di luar perkiraan. Contohnya, Universitas Negeri Yogyakarta, dipilih oleh 45.690 pendaftar. Sementara UGM dipilih sekitar 66.748 pendaftar".

Tag : SNMPTN 2015
Editor : Yusran Yunus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top