PENJARA TERMEWAH: Setiap Sel Ada Kulkas, TV Layar Datar, Kamar Mandi

Negara Norwegia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa penjara di negara ini sangat berbeda dengan penjara pada umumnya.
Nancy Junita | 17 Maret 2015 05:51 WIB
Ruang tamu di LP Halden di Norwegia - News.com.au

Kabar24.com, JAKARTA— Negara Norwegia memiliki tingkat kejahatan yang sangat rendah. Namun, yang mengejutkan adalah bahwa penjara di negara ini sangat berbeda dengan penjara pada umumnya.

Dilansir News.com.au, Senin (16/3/2013), penjara di Norwegia ini disebut-sebut sebagai penjara termewah dan paling manusiawi di dunia. Penjara termewah itu adalah LP Halden yang dibangun dengan dana sebesar 25 juta dolar AS. Tak mengherankan, bila penjara ini disebut lebih nyaman dibanding rumah pada umumnya. Ada 252 terpidana yang ditahan di penjara ini.

Setiap sel di penjara ini dilengkapi kulkas mini, televisi layar datar, dan kamar mandi. Selain itu, setiap sel memiliki jendela. Uniknya, di antara jendela itu ada yang tanpa teralis. Wow, bisa jadi para narapidana kabur, bukan?

Penjara ini juga memiliki ruang tamu yang ditata rapi dan indah, serta dilengkapi sofa, bantal. Ada dapur yang dilengkapi peralatan dari steinless, serta meja untuk minum kopi yang menampung 10 hingga 15 narapidana.

Tak hanya itu, ada pula ruang rekaman yang bisa menjadi saluran bagi narapidana  untuk menyalurkan niat kriminal mereka ke hal positif, seperti membuat musik.
Para narapidana semakin nyaman dengan adanya perpustakaan, panjat tebing, dan tempat olahraga.

Sumber : News.com.au

Tag : penjara
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top