Usai Temani Presiden, Gubernur Jabar Bakal Tinjau Banjir Indramayu

Usai Temani Presiden, Gubernur Jabar Bakal Tinjau Banjir Indramayu
Newswire | 17 Maret 2015 14:45 WIB
Banjir melanda desa Pilangsari, Kecamatan Jatibarang, Indramayu, Jawa Barat, Senin (16/3). - Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan meninjau lokasi banjir di Kabupaten Indramayu yang dikarenakan jebolnya tanggul Sungai Cimanuk di Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, banjir tersebut telah merendam ribuan rumah warga.

"Kita antisipasi, nanti malam saya ke sana karena besok Pak Presiden Jokowi akan panen raya di Indramayu, setelah dari panen raya langsung ke lokasi untuk meninjau," kata Ahmad Heryawan, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Selasa.

Berdasarkan informasi yang diterimanya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, banjir di wilayah tersebut sudah surut.

"Sedang ditangani, info terakhir dari BPBD sudah surut penyebab tanggul Cimanuk yang jebol sedang ditangani," kata dia.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung untuk mengatasi banjir di Kabupaten Indramayu tersebut.

"Terakhir sih ada pintu-pintu air sudah direkayasa. Air yang besar karena tanggul yang jebol sudah direkayasa dialirkan ke berbagai arah lewat pintu-pintu air kecil," kata dia.

Banjir tersebut, menurut dia, membuat pengiriman barang yang menggunakan Jalur Pantura sedikit terganggu.

Pihaknya mengapresiasi langkah BPBD Kabupaten Indramayu yang telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi banjir di wilayah tersebut.

Berdasarkan data dari BNPB diperkirakan sekitar 15.000 jiwa warga di empat kecamatan terdampak langsung akibat banjir karena jebolnya tanggul Sungai Cimanuk Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, pada Senin (16/3) pagi sekitar 03.00 WIB.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, dalam siaran persnya, Selasa, mengatakan empat kecamatan terdampak langsung banjir yaitu Kecamatan Jatibarang, Kecamatan Kertasmaya, Kecamatan Loh Bener dan Kecamatan Pasekan.

Sumber : Antara

Tag : banjir
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top