Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Sentral Australia Bakal Pangkas Lagi Suku Bunga

Bank sentral Australia diperkirakan segera memangkas suku bunga dalam waktu dekat, setelah data menunjukkan belanja konsumen dan ekspor menunjukkan performa mengecewakan.
Bank Sentral Australia
Bank Sentral Australia
Kabar24.com, SYDNEY--Bank sentral Australia diperkirakan segera memangkas suku bunga dalam waktu dekat, setelah data menunjukkan belanja konsumen dan ekspor menunjukkan performa mengecewakan.
 
Sehari setelah pertemuan rutin otoritas moneter, salah seorang dewan gubernur Reserve Bank of Australia (RBA), John Edward menyampaikan pemangkasan suku bunga akan menurunkan nilai tukar dolar Australia sehingga berdampak positif pada daya saing ekspor.
 
"Nilai tukar dolar yang lebih rendah akan membantu menopang perekonomian. Apalagi, saat ini sentimen bisnis stagnan dan pengusaha belum menunjukkan minat untuk berinvestasi," ungkap Edward di Sydney, Rabu (18/2/2015).
 
Awal Februari lalu bank sentral baru saja memangkas suku bunga 50 basis poin ke level rendah 2,25% menyusul perelemahan harga minyak dunia yang secara langsung menurunkan harga komoditas-komoditas andalan Negeri Kanguru.
 
Pada pertemuan rutin bank sentral Selasa (17/2) lalu, bank sentral mengungkapkan akan segera memangkas suku bunga dalam waktu dekat jika dalam 30 hari ke depan belanja domestik dan ekspor tidak kunjung naik.
 
"Jika suku bunga dipangkas, belanja ru8mah tangga akan terkerek signifikan," kata Edward.
 
adapun, Edward memprediksi pertumbuhan ekonomi berpotensi berada di bawah 3% karena tingkat pengangguran Australia saat ini cukup tinggi. Kalangan ekonom memprediksi negara itu tumbuh 2,5% tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper