Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuasa Hukum BG Permasalahkan Status Pimpinan KPK Yang Mundur

Kuasa Hukum BG, Maqdir Ismail berpendapat terkait pimpinan KPK yang mengundurkan diri maka tidak lagi diperlukan proses administratif pengunduran diri.
Kabar24.com, JAKARTA--Kuasa Hukum BG, Maqdir Ismail berpendapat terkait pimpinan KPK yang mengundurkan diri maka tidak lagi diperlukan proses administratif pengunduran diri.
 
"Berhenti karena mati dan karena diri sendiri sifatnya seketika. Diberhentikan ada proses administratif yang harus dipenuhi," katanya di sela-sela persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (13/2/2105).
 
Menurut dia jika pimpinan KPK sudah mengundurkan diri maka sudah tidak lagi memilki hak jabatan.
 
Sementara itu Zainal Arifin Mochtar pada kesaksian ahlinya mengatakan apabila pengunduran diri permanen maka tidak memiliki hak.
 
"Yang terjadi sekarang itu pemberhentian sementara," katanya.
 
Menurut dia pimpinan yang mengundurkan diri tidak memiliki hak jabatan administratif jika sudah dikeluarkan keputusan presiden.
 
Ketika dikaitkan dengan persoalan moral, pakar hukum tata negara UGM itu mengatakan undang-undang tidak mengatur hal demikian.
 
"Cuma kalau etika moral barangkali bukan keahlian saya," katanya.
 
Sebagaimana diketahui Bambang Widjojanto mengundurkan diri dari KPK setelah ditetapkan oleh Bareskrim, namun masih menunggu keputusan presiden Joko Widodo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper