Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Keren! Di China Tersedia Jasa Detektif Pelacak Suami Doyan Selingkuh

Zhang Yufen (57), memiliki pekerjaan yang terbilang unik. Dia menjadi satu-satunya perempuan detektif yang khusus menangani kasus suami-suami yang suka selingkuh atau punya istri simpanan di China. Kliennya adalah para istri yang merasa disia-siakan oleh para suami yang tidak setia tersebut.
Zhang Yufen/washington post
Zhang Yufen/washington post

Kabar24.com, JAKARTA - Zhang Yufen (57), memiliki pekerjaan yang terbilang unik. Dia menjadi satu-satunya perempuan detektif yang khusus menangani kasus suami-suami yang suka selingkuh atau punya istri simpanan di China. Kliennya adalah para istri yang merasa disia-siakan oleh para suami yang tidak setia tersebut.

"Tidak ada perlindungan bagi para istri yang dirugikan," kata Zhang dalam artikel The Washington Post, 11 Februari 2015.

"Dalam kebanyakan kasus mereka ditinggalkan begitu saja, tanpa uang, tanpa rumah, dan tanpa jaminan hidup."

Korupsi dan dekadensi moral telah menggerogoti Partai Komunis Cina, yang membuat para pejabat partai biasa memiliki ernai (istri kedua) dan xiao san (istri simpanan).

Para pejabat ini juga biasa memiliki banyak istri simpanan dan mengguyur mereka dengan perhiasan mahal. Hasil penelitian oleh para sarjana di Renmin University of China pada 2012 menunjukkan bahwa 95% pejabat korup juga berselingkuh.

Kasus pertama yang ditangani Zhang adalah kasusnya sendiri. Dia telah menikah dengan suaminya, pegawai pajak di Kota Xi'an, selama 16 tahun. Tapi, pada akhir 1990-an, sang suami mengaku punya istri simpanan dan meninggalkan Zhang dengan membawa semua hartanya dan mengosongkan akun bank mereka.

Marah karena dinistakan begitu, Zhang kemudian melacak siapa selingkuhan suaminya. Usahanya berhasil dan kemudian dia memaksa sang suami menanggung biaya hidup Zang dan anak mereka.

Berdasarkan pengalaman itulah, Zhang memulai karirnya sebagai detektif pada 1997. Pada 2003 dia bersama sembilan sahabatnya mendirikan perusahaan Fire Phoenix untuk membantunya mengumpulkan bukti bagi para kliennya dalam menghadapi para suami bermasalah tersebut. Tapi, karena kekurangan dana, perusahaan itu ditutup.

Kini Zhang bekerja sendirian di sebuah apartemen kecil di luar Beijing. Dia memimpin Aliansi Melawan Para Istri Simpanan, organisasi yang menggabungkan kerja detektif dan advokasi bagi para istri yang dirugikan. Kliennya banyak dan mereka hanya membayar biaya pengeluaran saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper