Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Istana: Jokowi Belum Putuskan Soal Kapolri

Pihak Istana Kepresidenan menyatakan Presiden Joko Widodo belum memutuskan pengisian jabatan Kapolri. Presiden akan memutuskan nasib Komjen Pol Budi Gunawan minggu depan sepulang dari kunjungan kenegaraan tiga negara ASEAN.

Kabar.com, JAKARTA - Pihak Istana Kepresidenan menyatakan Presiden Joko Widodo belum memutuskan pengisian jabatan Kapolri. Presiden akan memutuskan nasib Komjen Pol Budi Gunawan minggu depan sepulang dari kunjungan kenegaraan tiga negara ASEAN.

Tentang pernyataan Ketua Tim 9 Syafii Maarif yang menyebutkan Budi Gunawan Batal dilantik, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengakui Presiden melakukan komunikasi pribadi dengan beberapa anggota tim 9 termasuk dengan mantan Ketua PP Muhammadiyah tersebut.

"Pembicaraannya pribadi antara Presiden dengan pak Syafii Maarif kemudian pak Syafii Maarif yang mengungkapkan ke publik, termasuk hari ini di Jogja bahwa penangkapan pak Syafii Maarif bahwa pak Presiden tidak jadi melantik pak Budi Gunawan," katanya di kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (4/2/2015).

Dalam proses mengambil keputusan, Istana menyiapkan enam opsi berasal dari pertimbangan sejumlah pihak. Pertama Budi Gunawan Mundur, kedua melantik definitif, ketiga melantik lalu non aktif, keempat penundaan sampai ada status hukum tetap, kelima membatalkan lalu mencalonkan nama baru dan keenam status quo sambil menunggu kalkulasi baru.

Andi menambahkan, selain opsi itu juga disiapkan kerangka legal formal yang dibutuhkan presiden untuk menjalankan salah satu dari keenam opsi itu. Presiden hanya tinggal memilih salah satu opsi tersebut lengkap dengan kalkulasi politiknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper