Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MENTERI ANIES: Tiga Tahun Lagi Baru Ada Kurikulum Baru

Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah memastikan kurikulum 2013 yang dihentikan sementara, akan kembali diaktifkan tiga tahun kembali.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 24 Januari 2015  |  20:16 WIB
Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (kanan) bersama Menteri Perekonomian Sofyan Djalil
Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah (kanan) bersama Menteri Perekonomian Sofyan Djalil

Bisnis.com, PADANG -- Kementerian Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah memastikan kurikulum 2013 yang dihentikan sementara, akan kembali diaktifkan tiga tahun kembali.

Anies Baswedan, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah mengatakan kurikulum yang dihentikan tersebut masih sedang dievaluasi untuk diterapkan kembali untuk tiga tahun mendatang.

“Kini kurikulum 2013 masih sedang dievaluasi. Kalau ingin tahu persis penerapan sebuah kurikulum, perlu proses, bertahap,” katanya di Padang, Sabtu (24/1/2015).

Menurutnya, penerapan kurikulum di dalam negeri masih memerlukan waktu panjang. Prosesnya, tidak sekadar seminar dan mengevaluasi buku. Namun, ada sekolah rintisan yang menjadi uji coba, lalu menjadi basis dan goal school training. Intinya dengan proses bertahap dalam tiga tahun baru bisa selesai.

Dia menyebutkan saat ini sekitar 6% sekolah menggunakan kurikulum 2013 untuk uji coba. Evaluasi untuk kurikulum tersebut juga terus dilakukan, kesesuaian antara ide kurikulum dengan desain kurikulum dan, antara desain dengan dokumen kurikulum.

Pemerintah, kata Anies, tidak ingin menerapkan kurikulum itu jika semua perangkatnya belum lengkap, sehingga dalam pelaksanaan tidak optimal. (Bisnis.com)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kurikulum 2013
Editor : Sutan Eries Adlin

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top