Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkat Pengangguran Australia Turun

Tingkat pengangguran Desember Australia turun menjadi 6,1% dari bulan sebelumnya 6,2%, seiring tingginya angka perekrutan bersamaan dengan naiknya upah tenaga kerja.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 15 Januari 2015  |  18:35 WIB
/mlborlife.com
/mlborlife.com

Kabar24.com, SYDNEY – Tingkat pengangguran Desember Australia turun menjadi 6,1% dari bulan sebelumnya 6,2%, seiring tingginya angka perekrutan bersamaan dengan naiknya upah tenaga kerja.

Bloomberg mencatat perusahaan-perusahan Negeri Kanguru merekrut 37.400 tenaga kerja setelah bulan sebelumnya berhasil menarik 45.000 pekerja. Perekrutan Nvember-Desember merupakan yang tertinggi sejak Desember 2006.

Data ini dinilai mengurangi tekanan pada bank sentral untuk memangkas tingkat suku bunga. Reserve Bank of Australia (RBA) telah mempertahankan suku bunga di tingkat rendah 2,5% dalam 17 bulan terakhir untuk mendorong konsumsi domestik.

“Sepertinya bank sentral belum harus memangkas suku bunga saat ini. Angka partisipasi tenaga kerja naik dan warga lebih yakin untuk mencari pekerjaan,” ungkap ekonom CIMB Securities, Shane Lee di Sydney, Kamis (15/1).

Bank sentral Australia memang tengah tertekan untuk menjaga konsumsi domestik tetap tinggi setelah sektor pertambangan yang sempat menyumbang porsi tertinggi pada PDB, perlahan kehilangan daya tarik investasinya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tingkat pengangguran ekonomi australia

Sumber : Bloomberg

Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top