Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON KAPOLRI TERSANGKA: Jokowi Usulkan Budi Gunawan karena Tekanan Politik?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu mengevaluasi mekanisme penunjukan calon pejabat publik dengan tetap memprioritaskan kepercayaan masyarakat, kata pengamat politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Tulus Warsito.
Presiden Joko Widodo/Antara
Presiden Joko Widodo/Antara

Kabar24.com, YOGYAKARTA-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) perlu mengevaluasi mekanisme penunjukan calon pejabat publik dengan tetap memprioritaskan kepercayaan masyarakat, kata pengamat politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Tulus Warsito.

"Penunjukan Budi Gunawan sebagai calon Kepala Polri harus menjadi awal untuk lebih berhati-hati ke depan dengan melibatkan lembaga hukum dalam menentukan pejabat publik," kata Tulus di Yogyakarta, Selas (13/1/2015).

Menurut dia, setelah Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Presiden Jokowi perlu segera mengambil sikap misalnya dengan segera mencabut pencalonannya.

Selain menjaga kredibilitas lembaga penegakan hukum negara, kata dia, upaya itu juga berkaitan dengan kepercayaan publik terhadap Jokowi yang telah terbangun selama ini.

"Sebab secara politik ini tentu memiliki kaitan dengan kepercayaan publik yang selama ini telah terbangun," kata Tulus yang juga Direktur Program Magister Ilmu Politik Universitas Muhammaiyah Yogyakarta (UMY).

Sementara itu, dalam penentuan Budi Gunawan sebelumnya, Tulus menilai, bukan tidak mungkin Jokowi juga memiliki banyak tekanan politik di belakangnya. Meski demikian, kata dia, sesungguhnya terdapat banyak upaya untuk menangkal tekanan tersebut secara tepat.

"Kalau tidak bisa menolak secara langsung, bukan berarti dia (Jokowi) 100 persen setuju. Banyak cara untuk menolak secara lebih beradab," katanya.

Pada Selasa (13/1/2015) KPK menetapkan calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan sebagai tersangka. Yang bersangkutan diduga memiliki transaksi mencurigakan.

Budi Gunawan merupakan calon tunggal Kapolri yang diajukan oleh Presiden Joko Widodo ke DPR untuk dimintakan persetujuan. (Kabar24.com)

BACA JUGA:

CALON KAPOLRI TERSANGKA: Jokowi Diminta Usulkan Pengganti Budi Gunawan

CALON KAPOLRI TERSANGKA: Kata Tetangganya Budi Gunawan Tertutup

CALON KAPOLRI TERSANGKA:Diduga Ada Persaingan Tak Sehat

CALON KAPOLRI TERSANGKA: Politisi PPP Ini Malah Apresiasi Jokowi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Editor
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper