Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asal Usul Nama Kebon Bawang di Tanjung Priok, Jakarta

Kebon Bawang merupakan tempat yang kini menjadi kelurahan di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kawasan ini penting bagi kota Jakarta, terutama yang berkaitan sejarah dengan Batavia.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 08 Januari 2015  |  17:23 WIB
Asal Usul Nama Kebon Bawang di Tanjung Priok, Jakarta
Bawang putih. - Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebon Bawang merupakan satu tempat yang kini menjadi kelurahan di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kawasan tersebut penting bagi kota Jakarta, terutama berkaitan sejarah dengan Batavia. Karena tempat ini mempunyai riwayat atau asal usul yang menarik.

Zaenuddin HM, dalam bukunya berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe, menjelaskan asal usul nama Kebon Bawang.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012, tebal 377 halaman, disebutkan bahwa pada masa kekuasaan Hindia Belanda, kawasan Tanjung Priok dengan pelabuhannya menjadi pusat lalu lintas berbagai jenis komoditas.

Kawasan ini Tanjung Priok ini adalah tempat pengiriman berbagai jenis komoditas, termasuk rempah-rempah ke berbagai pulau maupun antara negara. Salah satu komodiasnya adalah bawang.

Selain dari daerah-daerah lain, bawang juga tumbuh di kawasan itu, terutama jenis bawang merah atau brambang (allium cepa) dan bawang putih (allium sativum).

Nah, karena di tempat tersebut, sekitar abad ke-17, banyak kebun atau pertanian bawang, maka warga terutama para pedagang rempah-rempah menyebutnya Kebon Bawang.

Jadi, nama Kebon Bawang sesungguhnya sudah ada sejak zaman kolonial dan terus dikenal hingga sekarang. Nama itu tertera dalam peta kota Jakarta, khususnya wilayah Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batavia jakarta utara
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top