Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asal Usul Nama Kebon Bawang di Tanjung Priok, Jakarta

Kebon Bawang merupakan tempat yang kini menjadi kelurahan di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kawasan ini penting bagi kota Jakarta, terutama yang berkaitan sejarah dengan Batavia.
Bawang putih. /Bisnis.com
Bawang putih. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kebon Bawang merupakan satu tempat yang kini menjadi kelurahan di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kawasan tersebut penting bagi kota Jakarta, terutama berkaitan sejarah dengan Batavia. Karena tempat ini mempunyai riwayat atau asal usul yang menarik.

Zaenuddin HM, dalam bukunya berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe, menjelaskan asal usul nama Kebon Bawang.

Dalam buku yang diterbitkan oleh Ufuk Press pada Oktober 2012, tebal 377 halaman, disebutkan bahwa pada masa kekuasaan Hindia Belanda, kawasan Tanjung Priok dengan pelabuhannya menjadi pusat lalu lintas berbagai jenis komoditas.

Kawasan ini Tanjung Priok ini adalah tempat pengiriman berbagai jenis komoditas, termasuk rempah-rempah ke berbagai pulau maupun antara negara. Salah satu komodiasnya adalah bawang.

Selain dari daerah-daerah lain, bawang juga tumbuh di kawasan itu, terutama jenis bawang merah atau brambang (allium cepa) dan bawang putih (allium sativum).

Nah, karena di tempat tersebut, sekitar abad ke-17, banyak kebun atau pertanian bawang, maka warga terutama para pedagang rempah-rempah menyebutnya Kebon Bawang.

Jadi, nama Kebon Bawang sesungguhnya sudah ada sejak zaman kolonial dan terus dikenal hingga sekarang. Nama itu tertera dalam peta kota Jakarta, khususnya wilayah Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper