Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CUACA BURUK: Waspada Gelombang Laut Tinggi 3 M di Selat Sunda

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kondisi cuaca buruk berpeluang terjadi di wilayah Selat Sunda bagian selatan, sejak SelasaRabu (30-31/12/2014).
 Ilustrasi
Ilustrasi

Kabar24.com, BANDARLAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kondisi cuaca buruk berpeluang terjadi di wilayah Selat Sunda bagian selatan, sejak Selasa—Rabu (30-31/12/2014).

Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Lampung Dwi Hartomo Ramdani di Bandarlampung, Selasa, mengatakan bahwa cuaca buruk itu terjadi pula di perairan pantai barat Lampung dan Samudra Hindia barat Lampung.

Perairan Selat Sunda bagian selatan tinggi gelombang mencapai 0,75--2,0 meter, maksimum 2,0--3,0 meter, angin berhembus dari barat daya ke barat dengan kecepatan 5--10 knot, dan cuaca hujan.

Dia menjelaskan kondisi cuaca di perairan pantai barat Lampung diperkirakan hujan, tinggi gelombang 1,25--2,0 meter dan tinggi gelombang maksimum 2,0--3,0 meter, angin berembus dari barat saya ke barat laut dengan kecepatan 5-10 knot.

Sementara itu, kondisi perairan Samudera Hindia barat Lampung, angin berhembus dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan 5--15 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang 1,25--2,0 meter dan tinggi maksimum 2,0--3,0 meter.

Informasi cuaca di perairan pantai timur Lampung, angin berembus dari selatan ke barat daya dengan kecepatan 10--20 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang 0,75--1,5 meter, dan tinggi gelombang maksimum 1,5--2,5 meter.

Menurut dia, kondisi perairan Selat Sunda bagian utara (Merak--Bakauheni) angin berhembus dari selatan ke barat daya dengan kecepatan 5--10 knot, cuaca hujan, tinggi gelombang antara 0,5--1,5 meter, dan tinggi gelombang maksimum 1,5--2,0 meter.

Sementara itu, keadaan cuaca diperkirakan hujan di wilayah perairan Lampung. Angin di atas wilayah perairan Indonesia, di utara Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah barat sampai utara, dan di selatan Khatulistiwa umumnya bertiup dari arah selatan sampai barat dengan kecepatan angin berkisar tiga sampai 28 knot.

Prakiraan cuaca dan gelombang laut itu berlaku 24 jam, mulai 30 Desember pukul 07.00 WIB hingga 31 Desember 2014 pukul 07.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper