Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

EKONOMI EROPA: Inflasi Terus Bayangi Beberapa Bulan ke Depan

Wakil Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Vitor Constancio memproyeksikan laju inflasi zona Euro berubah negatif dalam beberapa bulan mendatang. Namun, ia menjelaskan fenomen ini hanya sementara dan ia pun tidak melihat adanya risiko deflasi.
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 20 Desember 2014  |  18:54 WIB
EKONOMI EROPA: Inflasi Terus Bayangi Beberapa Bulan ke Depan
Ilustrasi
Bagikan

Kabar24.com, BERLIN - Wakil Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Vitor Constancio memproyeksikan laju inflasi zona Euro berubah negatif dalam beberapa bulan mendatang. Namun, dia menjelaskan fenomena ini hanya sementara dan tidak melihat adanya risiko deflasi.

Inflasi tahunan Eropa melambat menjadi 0,3% pada November karena turunnya harga energi. "Kami sekarang memperkirakan tingkat inflasi negatif dalam beberapa bulan mendatang. Itu fenomena sementara, saya tidak melihat adanya bahaya,” kata Constancio seperti dikutip dalam sebuah wawancara.

Constancio mengatakan risiko deflasi tidak akan menyerang Eropa dan untuk setiap negara di blok single currency. Dia menambahkan peningkatan produktivitas di negara-negara seperti Irlandia dan Spanyol, misalnya, membuat ruang adanya kenaikan upah, yang akan melawan bahaya deflasi.

Perkiraan IMF, Komisi Eropa dan OECD terkait pelemahan ekonomi Eropa akan berlanjut sampai 2018, yang menandakan masih akan ada tekanan inflasi sampai saat itu.

Constancio mengatakan belum ada keputusan tentang langkah-langkah tambahan ECB untuk pelonggaran moneter tahun depan. Dia mengatakan ECB diperlukan untuk menggunakan semua alat kebijakan moneter.

Menurutnya, bank harus bertindak jika inflasi terlalu rendah untuk mempertahankan kredibilitasnya. Constancio juga mengatakan ECB tidak memiliki target nilai tukar dan tidak mengukur keberhasilan langkah-langkah kebijakan moneter berdasarkan dampaknya terhadap Eropa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi ekonomi eropa
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top