Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

5 Tahun, Bakamla Targetkan Miliki 60 Kapal Operasi

Badan Keamanan Laut menargetkan memiliki 60 kapal operasi untuk menegakkan kedaulatan keamanan laut.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 19 Desember 2014  |  10:56 WIB
5 Tahun, Bakamla Targetkan Miliki 60 Kapal Operasi
ilustrasi -
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Keamanan Laut menargetkan memiliki 60 kapal operasi untuk menegakkan kedaulatan keamanan laut.

Plt Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI D.A. Mamahit mengatakan kapal tersebut akan terpenuhi dari anggaran yang telah ditetapkan lebih dari Rp1 triliun untuk 30 kapal hingga 2015.

"Pemerintah telah beri anggaran yang cukup untuk kami mengamankan laut. 30 kapal akan kami buat di dalam negeribdengan kisaran panjang 80 meter dan 110 meter," katanya, Jumat (19/12/2014).

Selain itu, Bakamla saat ini memiliki kapal eksisting 3 dan akan mengadakannya 6 kapal lagi pada awal tahun depan dan akhir tahun depan, lungsuran program saat instansi tersebut bernama Bakorkamla.

Kemudian, TNI AL, Polair, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Perhubungan juga akan menghibahkan kapal operasi kepada Barhakam.

"TNI AL akan beri 10, yang lainnya belum tahu, jadi mungkin bisa 60," ujar Mamahit.

Dia menjelaskan dengan dukungan armada kapal tersebut, Bakamla yang saat ini bertanggung jawab langsung kepada presiden dan berada di bawah koordinasi Menkopolhukam akan bekerja lebih efektif.

Tidak hanya soal illegal fishing, tapi transnasional crime, penyelundupan, dan segala kejahatan dan kemanan yang terkait laut dapat dijalankan.

"Kami optimistis bisa menangani semuanya. Istilahnya Bakamla ini coast guardnya Indonesia, organisasi ini sedang kami tata," jelasnya.

Lebih lanjut Mamahit menyampaikan dalam waktu dekat ini akan menenggelamkan kapal. Tanpa menyebutkan jenis kapal, asal, dan lokasinya, dia mengatakan penenggelaman tersebut sedang dipersiapkan.


"Harapannya akhir tahun ini akan melakukan penembakan lagi. Jenis kapalnya akan lebih besar," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal laut bakamla
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top