Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PM Haiti Mengundurkan Diri

Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe mengumumkan pengunduran dirinya, menyusul seruan agar dia menanggalkan jabatannya di tengah gelombang unjuk rasa antipemerintah serta krisis politik di negeri Karibia yang miskin itu.

Bisnis.com, PORT AU PRINCE - Perdana Menteri Haiti Laurent Lamothe mengumumkan pengunduran dirinya, menyusul seruan agar dia menanggalkan jabatannya di tengah gelombang unjuk rasa antipemerintah serta krisis politik di negeri Karibia yang miskin itu.

Pengunduran diri Lamothe itu telah diperkirakan banyak pihak setelah Presiden Michel Martelly mengatakan, Jumat, bahwa sang perdana menteri siap meninggalkan jabatannya "untuk membantu mencari penyelesaian" terhadap jalan buntu politik negera itu. Haiti gagal mengadakan pemilihan parlemen dalam tiga tahun terakhir ini.

"Kalau ini yang harus ditempuh untuk menyelesaikan krisis politik, saya memutuskan malam ini untuk menyampaikan kepada Presiden Martelly pengunduran diri saya sebagai kepala pemerintahan, bersama-sama pengunduran diri kesemua menteri," kata Lamothen dalam pidatonya yang disiarkan dalam bahasa Kreol, Minggu (14/12/2014)..

Lamothen, yang mundur di tengah aksi-aksi unjuk rasa baru yang diwarnani kekerasan dalam menentang elit penguasa, menyebut-nyebut catatan "mengagumkan" yang dibuat oleh pemerintahannya.

Dia mengatakan pemerintahan yang dipimpinnya berhasil mengurangi kemiskinan dalam waktu tiga tahun serta menurunkan angka kejahatan hingga 50%.

"Saya tinggalkan jabatan sebagai perdana menteri pada malam ini dengan perasaan bahwa (kami) telah melakukan pencapaian-pencapaian," kata Lamothe dalam pidato itu, seperti yang disebarkan melalui Twitter oleh akun resmi kementerian komunikasi Haiti.

Haiti telah terperosok ke dalam krisis politik selama tiga tahun karena kegagalannya untuk menyelenggarakan pemilihan kotamadya dan legislatif.

"Saya melihat bahwa beliau mengambil langkah tersebut untuk membantu Haiti mencari penyelesaian krisis ini. Saya memuji keberanian dan tekadnya dalam membantu Haiti," kata Martelly.

Jika pemilihan tidak dapat dilangsungkan sebelum 12 Januari, badan legislatif akan secara otomatis dibubarkan dan Martelly bisa menjalankan kekuasaan dengan mengeluarkan dekrit.

Para penentang Martelly telah menudingnya mengembalikan Haiti ke pemerintahan yang penuh dengan kesewenang-wenangan. Mantan orang kuat negara tersebut, Jean Claude "Baby Doc" Duvalier meninggal pada Oktober.

"Baby Doc" Duvalier mulai menjalankan pemerintahan pada 1971 dalam usia hanya 19 tahun. Ia mengambil alih kekuasaan setelah ayahnya yang masih lebih ditakuti, Francois "Papa Doc" Duvalier, --presiden seumur hidup Haiti, meninggal.

Partai-partai oposisi telah memboikot perundingan baru-baru ini yang diprakarsai oleh pemerintahan dan yang ditujukan untuk menyelesaikan krisis tersebut sebelum akhir tahun ini.

Komisi penasihat yang dibentuk presiden pada pekan lalu merekomendasikan agar Lamothe mengundurkan diri. Komisi juga mengusulkan agar majelis pemilihan Haiti dibubarkan dan para tahanan politik dibebaskan.

Martelly mengatakan ia akan mengadakan pertemuan pada Senin untuk menjalankan rekomendasi-rekomendasi dari komisi itu. Ia akan menunjuk seorang perrdana menteri dengan masukan dari para pemimpin di Parlemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara/AFP

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper