Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Aceh: Pemkab Nagan Raya Mulai Distribusikan Bantuan

Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mulai mendistribusikan bantuan bagi korban banjir di beberapa kecamatan. Bantuan yang disalurkan berupa bahan kebutuhan pokok.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, BANDA ACEH--Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mulai mendistribusikan bantuan bagi korban banjir di beberapa kecamatan. Bantuan yang disalurkan berupa bahan kebutuhan pokok.

Bupati Nagan Raya Zaulkarnaini menyebutkan bantuan yang disalurkan tersebut terdiri dari 1 ton beras, mie instan 100 kotak, ikan sarden 50 kotak, air mineral 100 kotak, minyak goreng 50 liter, telur ayam 100 papan, gula pasir 20 kg, kopi 5 kg, dan teh 3 kotak. Bantuan diserahkan langsung kepada keuchik (kepala desa).

"Beberapa kecamatan yang menerima yakni Tripa Makmur dan Darul Makmur. Di dua desa ini saat ini masih ada rumah yang terendam banjir, walaupun banjir mulai surut," ucapnya, Rabu (5/11/2014).

Kendati mulai surut, Zulkarnaini tetap meminta Dinas Sosial Nagan Raya, dan BPBD Nagan Raya terus memantau kondisi banjir.

"Mereka harus terus siap siaga di posko. Kegiatan masyarakat masih lumpuh, karena banjir di beberapa kecamatan masih 1 meter. Di jalan juga masih tergenang, sulit dilalui, apalagi oleh sepeda motor," tambahnya.

Selain Pemkab Nagan Raya, Bank Aceh Cabang Jeuram juga memberikan bantuan kepada korban banjir di dua kecamatan.

Bantuan berupa minyak goreng 100 kg, mie instan 50 kotak, air mineral 100 kotak, dan telur ayam 3.000 butir.

Sebelumnya, sebagai tahap awal, BNPB juga telah menyalurkan dana siap pakai Rp1,2 miliar untuk operasional tanggap darurat enam BPBD kabupaten.

"Berdasarkan data awal, masih ada 37 kecamatan di enam kabupaten yang terendam banjir, yakni Aceh Besar, Aceh Singkil, Aceh Jaya, Aceh Barat, Aceh Selatan, dan Nagan Raya. Kami terus berkoordinasi untuk evakuasi dan pendirian dapur umum," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Selain itu, peralatan berat juga telah dikerahkan untuk membersihkan material akibat longsor di beberapa titik dan ruas jalan.

"Beberapa lokasi belum terjangkau karena terendam banjir. Hujan terus turun sehingga menghambat evakuasi," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper