Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Pertumbuhan, Perbankan China Pacu Pinjaman

Bank-bank China meningkatkan pinjamannya pada September, sejalan dengan upaya pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Bisnis.com, BEIJING -- Bank-bank China meningkatkan pinjamannya pada September, sejalan dengan upaya pemerintah untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi.

Total pinjaman bank pada September adalah 857,2 miliar yuan atau setara US$140 miliar. Ekonom Asia-Pasific Research TD Securities, Annette Beacher menyambut baik angka pinjaman ini, mengingat pemerintah sedang menangkal dampak negatif dari keberadaan perbankan bayangan.

“Data ini amat menggembirakan, namun harus diawasi karena situasi apapun dapat terjadi,” jelas Beacher di Singapura.

Ekonom lain memprediksi dalam beberapa bulan mendatang, pemerintah akan menentukan prioritas pembiayaan oleh perbankan, terutama untuk merelaksasi KPR untuk pembelian properti. 

Di sisi lain, total pembiayaan sosial yang menjadi indikator pemberian kredit, menunjukkan pertumbuhan moderat. Aktivitas perbankan bayangan diprediksi menurun, di tengah kian terpuruknya pasar properti.

Seperti diketahui, pasar properti dan keberadaan perbankan bayangan menjadi tantangan utama Perdana Menteri Li Keqiang untuk mengejar target pertumbuhan 7,5% tahun ini, karena turut membiayai sejumlah aktivitas perekonomian masyarakat.

Adapun, China diprediksi tumbuh 7,2% pada kuartal III, melambat dari dua kuartal sebelumnya tahun ini yang masing-masing mencatatkan pertumbuhan 7,4% dan 7,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Rustam Agus
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper