Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran Lahan: Bandara Sampit Lumpuh Tertutup Asap Tebal

Bandara Haji Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, lumpuh akibat tertutup asap tebal bercampur abu kebakaran lahan, Selasa.
Ilustrasi
Ilustrasi

 

Bisnis.com, SAMPIT -- Kebakaran lahan di Kalimantan Tengah telah mengganggu lalu lintas udara di wilayah itu.

Bandara Haji Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, lumpuh akibat tertutup asap tebal bercampur abu kebakaran lahan, Selasa (14/10/2014).

"Landasan pacu tetrutup asap bercampur abu kebakaran lahan dengan jarak pandang pilot di bawah satu kilometer. Akibatnya beberapa penerbangan terpaksa dibatalkan," kata Kepala Bandara Haji Asan Sampit, Maruli Tua Edison Saragih di Sampit, Selasa.

Jadwal penerbangan yang dibatalkan di antaranya dari Banjarmasin-Sampit, Sampit-Surabaya, dan Semarang-Sampin, dengan pesawat ATR 72.

Pembatalan jadwal lainnya belum dipastikan sebab menunggu kondisi asap di landasan pacu Bandara Haji Asan membaik atau memburuk.

Menurut Edison, kondisi jarak pandang di landasan pacu bisa dikatakan aman atau memenuhi syarat jika mencapai antara 1.600 meter hingga 2.000 meter.

"Saat ini landasan pacu Bandara Haji Asan Sampit belum bisa dikatakan aman untuk penerbangan karena jarak pandang di bawah 1.000 meter," katanya.

Edison mengungkapkan, Bandara Haji Asan Sampit tidak tutup hanya terjadi pembatalan jadwal penerbangan akibat tertutup asap tebal sejak pagi hari hingga siang.

Sementara itu, pada Senin (13/10), sedikitnya empat jadwal penerbangan ke beberapa tujuan juga dibatalkan akibat gangguan asap.

"Sejak asap tebal menyelimuti Kabupaten Kotim, penerbangan melalui bandara Haji Asan Sampit tidak pasti karena maskapai penerbangan tidak berani memberikan kepastian kedatangan pesawat," ungkap Hadi, seorang calon penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper