Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMISI DPR: Penetapan Pimpinan Setelah Jokowi Dilantik

Jumlah komisi di DPR akan disesuaikan dengan postur kementerian kabinet Jokowi-JK dan diumumkan setelah pasangan tersebut dilantik pada 20 Oktober mendatang.
Gedung DPR/Bisnis.com
Gedung DPR/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Jumlah komisi di DPR akan disesuaikan dengan postur kementerian kabinet Jokowi-JK dan diumumkan setelah pasangan tersebut dilantik pada 20 Oktober mendatang.

Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan pimpinan DPR dan pimpinan fraksi masih membahas jumlah komisi di DPR. Namun demikian, dia memperkirakan jumlah alat kelengkapan tersebut tidak akan berubah seperti saat ini yang hanya berjumlah 11 komisi.

“Setelah terbentuk dan disesuaikan dengan kementerian Jokowi-JK, maka DPR akan mengumumkan jumlah komisi DPR," ujarnya  di Gedung DPR, Selasa (14/10/2014).

Terkait mengapa jumlah komisi di DPR kemungkinan tidak ditambah, lebih jauh Agus menjelaskan agar anggota DPR bisa langsung bekerja setelah kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla terbentuk.

Menurutnya, susunan para menteri yang ditunjuk oleh presiden dan wakil presiden terpilih akan diumumkan pekan depan. Dengan demikian, anggota DPR langsung punya mitra eksekutif dan langsung bekerja.

Dia yakin struktur kabinet yang dibentuk Jokowi-JK tidak banyak berubah dari struktur kabinet yang dibentuk oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi, mitra-mitra komisinya tidak berubah. Kami meyakini postur kabinet tidak mengalami banyak perubahan karena ada Undang-Undang Kementerian Negara. Walaupun postur kabinet berubah, masih bisa diakomodasi dalam komisi yang ada," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper