Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PETANI CIAMIS Kewalahan Atasi Serangan Hama Wereng

Para petani padi di Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis mengaku kewalahan mengendalikan hama wereng yang kembali menyerang pada musim tanam saat ini.
Ilustrasi. /Bisnis.com
Ilustrasi. /Bisnis.com

Bisnis.com, CIAMIS - Para petani padi di Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis mengaku kewalahan mengendalikan hama wereng yang kembali menyerang pada musim tanam saat ini.

"Kami masih dibayangi kegagalan panen pada musim lalu akibat wereng, sekarangpun daun padi sebagian sudah ada yang memerah karena wereng," kata Dullah, petani di Desa Ciparigi Kecamatan Sukadana Kabupaten Ciamis, Senin (6/10/2014).

Dia menyebutkan wereng di areal pesawahannya di blok Kampung Citamiang Desa Ciparigi saat ini sudah diambang serangan hebatnya seperti musim lalu yang mengakibatkan sebagain petani di kawasan itu terpaksa membeli beras karena hasil panen di bawah normal.

Dullah mengaku sudah berupaya melakukan penyemprotan dengan insektisida, namun tidak efektif untuk menghilangkan hama wereng di sawahnya.

"Bayangkan musim panen lalu, satu blok sawah saya hanya dapat 125 kilogram padi. Jauh di bawah produksi normalnya," kata dia.

Kondisi itu diperparah dengan adanya pengunduran musim tanam musim ini karena ada perbaikan Irigasi Danasari selama beberapa bulan sehingga harus menunggu aliran air kembali normal.

"Pekan ini sudah ada aliran irigasi, normal lagi. Namun wereng sudah mulai menyerang di beberapa blok sawah," katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh sejumlah petani lainnya yang menyebutkan mereka tidak bisa berbuat banyak meredam penyebaran wereng yang musim lalu menjatuhkan produksi padinya.

"Produktifitas padi di areal kami tidak terlalu bagus, hal itu diperparah dengan serangan hama wereng yang membuat kami hanya panen seadanya, sebagian besar bulir padi hampa karena wereng," kata petani lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper