Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riau Siap Hadapi Kenaikan Harga BBM

Perekonomian Riau masih dapat menopang penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga Rp3.000 per liter, karena hanya akan meningkatkan inflasi provinsi tersebut sebesar 2,28%.

Bisnis.com, PEKANBARU—Perekonomian Riau masih dapat menopang penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga Rp3.000 per liter, karena hanya akan meningkatkan inflasi provinsi tersebut sebesar 2,28%.

Mahdi Muhammad, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau, menuturkan penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi hingga Rp3.000 per liter masih dapat aman untuk perekonomian Riau.

Pasalnya, penaikan harga tersebut hanya akan memberikan dampak total penambahan inflasi sebesar 2,28%.

“Kami memproyeksikan penaikan harga BBM bersubsidi senilai Rp3.000 per liter tidak akan membuat inflasi Riau melebihi 7%, dengan catatan tidak terjadi efek psikologis,” katanya di Pekanbaru, Rabu (3/9).

Mahdi menuturkan efek psikologi masyarakat menjelang penaikan harga BBM bersubsidi biasanya ikut mempengaruhi inflasi, karena terjadi lonjakan harga beberapa barang kebutuhan pokok.

Untuk itu, pemerintah harus memberikan kepastian waktu dan harga baru BBM bersubsidi saat akan menaikkannya.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Riau sendiri memperkirakan jika harga BBM bersubsidi naik Rp1.000 per liter, maka akan memberikan menambah inflasi Riau 0,77%. Kemudian apabila pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi Rp2.000 per liter, maka inflasi Riau akan bertambah 1,53%.

Itung-itungan tersebut belum memasukkan faktor efek psikologis masyarakat terhadap penaikan harga BBM bersubsidi. “Semakin lama penaikan harga BBM bersubsidi itu diumumkan, semakin lama dampak psikologisnya dan semakin tinggi risiko penambahan inflasinya,” ujarnya.

Menurutnya, waktu terbaik untuk menaikkan harga BBM bersubsidi adalah pada September, Oktober atau November. Alasannya, pada ketiga bulan tersebut seluruh daerah di Indonesia umumnya mengalami deflasi, sebelum kembali mengalami inflasi pada Desember.

Bank Indonesia sendiri memperkirakan inflasi Riau sepanjang tahun ini akan ada pada level 5,2%, jauh lebih rendah dibandingkan dengan realisasi inflasi tahun lalu yang mencapai 8,83%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper